Facebook Twitter Google RSS

Inilah makam 25 Nabi dan Rosul

Aries Munandi     9:55 AM  


Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya. Ciri-ciri mereka dikemukakan dalam Al-Qur’an,

"... ialah orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan." (Q.S. Al Ahzab : 39).

Perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah :
Seorang Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT guna disampaikan kepada segenap umatnya. Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil, serta satu sifat jaiz, yaitu :
1.Shiddiq (benar), Mustahil ia Kizib (dusta).
2.Amanah (dapat dipercaya), mustahil Khianat (curang).
3.Tabliqh (Menyampaikan wahyu kepada umatnya), Mustahil Kitman (menyembunyikan Wahyu).
4.Fathonah (Pandai/cerdas), Mustahil Jahlun (Bodoh).
5.Bersifat jaiz yaitu Aradhul Basyariyah (sifat-sifat sebagaimana manusia).


Nabi dan rasul dalam Al-Qur’an;

Al-Qur’an menyebut beberapa orang sebagai nabi. Nabi pertama adalah Adam. Nabi sekaligus rasul terakhir ialah Muhammad yang ditugaskan untuk menyampaikan Islam dan peraturan yang khusus kepada manusia di zamannya sehingga harikiamat. Isa yang lahir dari perawan Maryam binti Imran juga merupakan seorang nabi.
Selain ke-25 nabi sekaligus rasul, ada juga nabi lainnya seperti dalam kisah Khidir bersama Musa yang tertulis dalam Surah Al-Kahf ayat 66-82.

Terdapat juga kisah Uzayr dan Syamuil. Juga nabi-nabi yang tertulis di Hadits dan Al-Qur’an, sepertiYusya’ bin Nun, Zulqarnain, Iys, dan Syits.
Sedangkan orang suci yang masih menjadi perdebatan sebagai seorang Nabi atau hanya wali adalah Luqman al-Hakim dalam Surah Luqman.

Berikut ialah makam-makam yang diyakini sebagai makam para nabi, sanak saudara dan para sahabatnya ;

1. NABI ADAM AS

Makam Nabi Adam as.
MAKAM HAWA, Jeddah
TAPAK KAKI ADAM (AS) , Srilanka
Abeel, Son of HAZRAT ADAM (Al.),
First grave on earth, Jordan.




















MAKAM HABIL (putra nabi adam as)
Ceriterakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Kabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Kabil). Ia berkata (Kabil): “Aku pasti membunuhmu!” Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”.“Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam.”“Sesungguhnya aku ingin agar kamu kembali dengan (membawa) dosa (membunuh) ku dan dosamu sendiri, maka kamu akan menjadi penghuni neraka, dan yang demikian itulah pembalasan bagi orang-orang yang lalim.” QS Al-Maidah 27-29

2. NABI IDRIS AS


MAKAM NABI IDRIS , Jordan


3. NABI NUH AS

Makam Nabi Nuh as.


4. NABI HUUD AS

Makam Nabi Huud as.

5. NABI SHOLEH AS


Makam Nabi Shaleh as.


Komplek - Pintu Makam Nabi Shaleh as.dan Huud as.

6. NABI IBRAHIM AS


Makam Nabi Ibrahim as. - tampak dr luar

Makam Nabi Ibrahim as. - tampak dr dalam

Melihat dari dekat pemandangan Haram Ibrahimi (Masjid Haram Ibrahim) dari luar dan dalam. Haram Ibrahimi adalah peninggalan bersejarah yang diambilalih oleh Shalahuddin Al-Ayyubi pada peperangan Hattin dan dijadikan masjid. Menurut kepercayaan tiga agama (Yahudi, Kristen dan Islam) terdapat di dalam masjid Haram Ibrahimi kuburan kuburan para nabi2 dari bani Israil seperti kuburan Ibrahim dan istrinya Sara, Ishaq dan istrinya Rifqah dan yang lainya. Adapun Ibrahim Al Khalil as adalah bapak para nabi-nabi, lahir di Faddam A’ram dan dibesarkan di kota Ur al-Kaldaniah. Beliau berhijrah setelah dianiaya dan dibakar oleh kaumnya ke kota Harran, sebelah utara Jaziratul Arab, kemudian ke Palistina, Mesir dan Makkah (disana beliau tinggalkan istrinya Hajar dan anaknya Ismail). Kemudian kembali ke Palestina dan wafat di kota al Khalil – Palestina yang sekarang menjadi negara jajahan Israil.

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), QS Ali-Imran :33)

Jalan menuju haram ibrahim

Lorong menuju haram Ibrahim

pintu-gua-masuk-
ke-makam-makam-para-nabi

Pintu masuk Haram Ibrahim setelah pemeriksaan 1,2 dan 3

Pemandangan
Haram ibrahim dari dalam

Pemandangan Haram ibrahim dari dalam

Makam Sara -istri Nabi Ibrahim as

HAZRAT IBRAHIM-AL-KHALIL, Israel
7. NABI ISMAIL AS

Komplek Makam Nabi Ismail as

Tugu - Tempat nabi Ismail as. ber Qur'ban

8. NABI LUTH AS

HAZRAT LOT, Iraq
Makam Nabi Luth as. Irak
9. NABI ISHAQ AS

Makam Nabi Ishaq as
Prophet of Ishaq
makam-Rifqah-istri Nabi Ishaq as.

mihrab-mimbar makam-Ishaq as.
dan makam istrinya-Rifqah

10. NABI YA'KUB AS

Makam Nabi Yakub as


11. NABI YUSUF AS

Makam Nabi Yusuf as . di Nablus

Tempat Makam  Nabi Yusuf as - Nablus


Sorban- Nabi yusuf as.

12. NABI SYU'AIB AS

Makam Nabi Syu'eb as.


13. NABI AYYUB AS

Makam Nabi Ayyub as

14. NABI DZULKIFLI AS

Makam Nabi Dzulkifli as.

15. NABI MUSA AS

Makam Nabi Musa as. - Israel

16. NABI HARUN AS

Makam Nabi Harun as.


17. NABI DAUD AS

Makam Nabi Daud as. Israel


18. NABI SULAIMAN AS

Makam Nabi Sulaeman as.

19. NABI ILYAS AS

Persinggahan
diduga tempat makam Nabi Ilyas  as.

20. NABI ILYASA' AS

Perkampungan diduga tempat Makam Nabi Ilyasa as.

21. NABI YUNUS AS

Kemudian sesudah rasul-rasul itu, Kami utus Musa dan Harun kepada Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya, dengan (membawa) tanda-tanda (mukjizat-mukjizat) Kami, maka mereka menyombongkan diri dan mereka adalah orang-orang yang berdosa. QS. Yunus: 74

Makam Nabi Yunus as.


22. NABI ZAKARIA AS

Makam Nabi Zakaria as.

23. NABI YAHYA AS

Makam Nabi Yahya as.

Komplek Makam Nabi Yahya as.
l

24. NABI ISA AS

Tempat Makam Nabi Isa as. - India

Sebagai seorang muslim kita percaya bahwa Nabi Isa tidak meninggal dunia karena itu tidak akan ditemukan keberadaan makamnya dimanapun, informasi ini ditulis untuk menambah pengetahuan rekan sesama muslim bahwa ternyata di daerah Srinagar, Kashmir terdapat satu bangunan yang disebut-sebut sebagai makamnya nabi Isa, untuk itu mari kita simak beberapa pendapat mengenai keberadaan makam tersebut :
Pada tahun 1898 diperoleh informasi bahwasanya kuburan Nabi Isa as. terdapat di Srinagar, Kashmir. Mirza Ghulam Ahmad mengirimkan ekspedisi untuk menelusuri bukti-bukti perjalanan hijrahnya Nabi Isa dari Palestina ke Kashmir sampai beliau as. wafat disana.
Dan pada tahun 1899 Mirza Ghulam Ahmad menulis buku Almasih Hindustan Me (Almasih Di India), yang diklaim memuat bukti-bukti sejarah serta kesaksian-kesaksian sosial budaya kawasan yang diperkirakan pernah dilalui oleh Nabi Isa dalam perjalanan beliau mencari domba-domba Bani Israili yang hilang, di kawasan Iran, Afghanistan, hingga ke Kashmir, India.
Menurut pandangan Islam nabi Isa as di angkat ke langit dalam keadaan sebelum mengalami mati, sementara, menurut pandangan Kristen Yesus diangkat ke sorga dalam keadaan setelah mengalami kematian.


Sedangkan menurut ajaran Ahmadiyah, Yesus berhasil selamat dari penyaliban dan melarikan diri menuju ke arah timur daerah Pakistan dan India, kemudian akhirnya wafat. Mereka percaya Jesus wafat karena Jesus adalah makhluk biologis juga, yang mempunyai umur dan tidak akan pernah kekal.

Mirza Ghulam Ahmad menyatakan bahwa Nabi Isa as benar-benar disalib di tiang salib oleh orang-orang Yahudi, namun tidak sampai wafat, hanya mengalami luka-luka dan pingsan saja. Ajaran ini tentu saja lebih dekat dengan kepercayaan orang-orang Kristen daripada pernyataan Al-Qur’an yang menegaskan bahwa Nabi Isa as tidak disalib sama sekali, akan tetapi yang disalib adalah seorang yang diserupakan dengan Nabi Isa as.

Sebagaimana telah tersebut dalam firman Allah sebelumnya:

….padahal mereka tidak membunuhnya (Isa) dan tidak menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka…. (QS. 4:157)

Ayat tersebut, oleh Mirza Ghulam Ahmad dan pengikutnya, diterjemahkan menyimpang sebagai berikut:

….padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula mematikannya di atas salib akan tetapi ia disamarkan kepada mereka seperti yang mati di atas salib….

Berkenaan dengan penyaliban itu, Mirza Ghulam Ahmad dan para pengikutnya berkeyakinan bahwa Nabi Isa as tidak diangkat ke langit dan kini telah wafat sebagaimana manusia lainnya. Konon, menurut klaim Mirza Ghulam Ahmad, makam nabi Isa as ditemukan di desa Mohalla Khan Yar, Srinagar, Kashmir.
.( sumber: indocropcircles.wordpress.com)
Bukit - diduga tempat Penyaliban
Nabi  Isa as

Lembah sungai - Yordania

25. NABI MUHAMMAD SAW

Masjid Nabawi
keistimewaan Masjid Nabawi, yaitu adanya Raudhah. Dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad sendirilah menyebut Raudhah sebagai taman-taman surga. Raudhah sendiri dulunya adalah halaman rumah Nabi Muhammad.

Lebih dari itu, umat Muslim percaya kalau beribadah di Raudhah pahalanya adalah 1.000 kali lipat. Raudhah juga merupakan salah satu tempat paling mustajab untuk berdoa. Silakan salat, berdzikir, atau membaca Al Quran di dalam Raudhah.



Di Masjid Nabawi, para jamaah haji juga bisa berziarah ke makam khalifah sekaligus sahabat Nabi Muhammad, yaitu Abu Bakar dan Umar bin Khatab. Para jamaah haji yang sedang melancong ke Makkah, sudah pasti selalu mengunjungi Masjid Nabawi.



Masjid Nabawi merupakan  masjid yang paling bernilai bagi umat Muslim, karena terdapat makam Nabi Muhammad dan sahabatnya, serta taman surga bernama Raudhah. Masjid besar bersejarah yang tak pernah sepi dari lantunan ayat suci Al Quran dan kekhusyuan umat Muslim beribadah.

Rumah penuh sejarah itu kini menjadi sarana haji 

Dalam dua dekade terakhir, the Gulf Institute yang berpusat di Ibu Kota Washington D.C., Amerika Serikat, mencatat Riyadh telah melumatkan 95 persen dari seluruh bangunan berusia lebih dari seribu tahun di Mekkah dan Madinah. Perluasan Masjid Al-Haram juga mengundang protes dan kecaman pelbagai pihak. Di sekitar Kabah kini bermunculan pelbagai pusat belanja, hotel, dan gedung jangkung.

Rumah kelahiran Nabi Muhammad yang kini menjadi bangunan perpustakaan
Di sana kini terdapat kompleks Jabal Umar, terdiri dari apartemen, hotel, dan menara jam tertinggi sejagat. Buat mewujudkan proyek ini, Saudi membuldoser benteng Ajyad dibangun di masa kekhalifahan Usmaniyah. Di kompleks ini ada rumah nabi kini berubah menjadi perpustakaan masjid.

Perluasan Masjid Al-Haram, selain ada rumah nabi yang kini berubah jadi perpustakaan masjid, ternyata juga terdapat rumah Siti Khadijah, istri baginda Rasulullah. Lebih parah dari nasib rumah Nabi Muhammad SAW, bangunan didiamin Khadijah di masa lalu ini berubah jadi toilet. Di rumah ini pula putri kesayangan Rasulullah s.a.w. yakni Siti Fatimah Azzahra dilahirkan


21 April 1925, pemakaman Jannatul Baqi tempat keluarga Nabi Muhammad dimakamkan dihancurkan oleh Raja Abdul Aziz bin Saudi dari Arab Saudi. Di sini terbaring Shafiah (bibi Rasulullah), Ibrahim, putra baginda nabi, dan masih banyak lagi, termasuk putra Umar bin Khattab, dan ibu Ali bin Abi Thalib, Fatimah binti Asad


Pada 1925, Raja Abdul Aziz bin Saudi menghancurkan makam Imam Hasan bin Ali terletak di kompleks pemakaman Jannatul Baqi. Kuburan Hasan yang terdiri dari bangunan putih, rata dengan tanah. Kejadian ini menimbulkan protes dari masyarakat Muslim dunia.
Imam Hasan bin Ali merupakan salah satu cucu Rasulullah. Beliau anak dari sepupu nabi, Ali bin Abi Thalib yang menikahi anak perempuan nabi, Fatima Az Zahra.

Makam Setelah dihancurkan: dari kiri ke kanan : Imam Hasan ra, Imam Zainal Abidin ra., Imam Muhammad Al Baqir ra., Imam Ja'far Shodiq ra.



HAZRAT BIBI AMENA , Outside Macca

Makam Siti Aminah - Ibunda Rasul Muhammad SAW

HAZRAT BIBI HALEEMA, Outside Madina.

Makam Halimah - Madin

HAZRAT ABU TALEB, Uncle of Prophet Mohammed P.B.U.H, Macca

Makam Abu Thalib - Paman Rasul - di Mekah

HAZRAT BIBI KHADIJA (Ummul Moamineen), Macca

Makam Siti Khadijah - Istri Rasul - di Mekah

HAZRAT BIBI FATIMA ZAHRA

Makam Siti Fatimah Zahra

HAZRAT BILAL HABASHI, Damascus

Makam Bilal - Damaskus


Makam Nabi Khidir as.























Makam Imam Hasan as.
















Makam Yusya’ bin Nun















Makam Yuwsya
Yuwsya‘ bin Nūn (Arab:يوشع) adalah salah seorang nabi yang memimpin Bani Israelmemasuki kota Yareho. Yusha‘ bin Nūn membawa ajaran Musa pada pertama kali tiba di “Tanah Yang di Janjikan”. Ia mengatur penempatan kedua belas suku Israel setibanya di Kanaan. Yusha dikenal sebagai Joshua didalam Taurat. Namanya tidak disebutkan secara langsung tetapi Al-Qur’an mereferensikannya bersama dengan kisah Musa didalam surah Al-maidah, Al Kahfi dan Waqi’ah.
Kisah Yusha‘
Sesudah Harun dan Musa wafat, kaum Bani Israil dipimpin oleh Yusha‘ bin Nūn, yang memang telah ditunjuk oleh Musa untuk menggantikannya sesaat sebelum kewafatannya. Berkat kepemimpinan Yusha‘ bin Nūn mereka dapat menguasai tanah Palestina dan bertempat tinggal di istana. Namun setelah Yusha‘ bin Nūn wafat, mereka terpecah belah, dalam ajaran Islam dikatakan bahwa isi kitab Taurat mereka rubah dan ditambah-tambah. Mereka sering bersilang pendapat sesama mereka sendiri, hingga akhirnya hilanglah kekuatan persatuan mereka, yang mengakibatkan tanah Palestina diserbu dan dikuasai oleh bangsa lain. Segi positifnya adalah ketika dia meninggal, semua tugas untuk mengatur kedua belas suku tersebut telah selesai sesuai dengan kehendak Allah.

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), QS Ali-Imran :33)

Kemudian sesudah rasul-rasul itu, Kami utus Musa dan Harun kepada Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya, dengan (membawa) tanda-tanda (mukjizat-mukjizat) Kami, maka mereka menyombongkan diri dan mereka adalah orang-orang yang berdosa. QS. Yunus: 74


Wallahu alam ,

Penutup;
Kubur mengingatkan kita tentang "mati" dan kita dianjurkan menziarahi kuburan untuk mengingatkan kita kepada kematian dan juga perkara yang berlaku di alam barzakh serta hari kemudian nanti.

Dalil: Dari Buraidah bin al-Husayb ra, Rasulullah saw bersabda, “Aku pernah menghalang kamu dari menziarahi kubur. Sekrang, ziarahilah(kubur), kerana ia akan mengingatkan kamu akan hari kemudian….”[Hadis riwayat Muslim, an-Nasai dan lain-lain


وَمَا أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ إِلا رِجَالا نُوحِي إِلَيْهِمْ فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ
Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.

وَمَا جَعَلْنَاهُمْ جَسَدًا لا يَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَمَا كَانُوا خَالِدِينَ
Dan tidaklah Kami jadikan mereka tubuh-tubuh yang tiada memakan makanan, dan tidak (pula) mereka itu orang-orang yang kekal. (QS. Al-Anbiya : 7-8)

Makam makam diatas adalah salah satu bukti bahwa para nabi pernah berada di muka bumi ini, mereka bisa membuktikan bahwa apa yang manusia anggap selama mereka hidup mustahil ternyata terjadi karena kehendak Allah, mudah-mudahan dengan bukti ini kita akan semakin yakin akan adanya nabi dan rasul-rasul allah yang juga akan meningkatkan keimanan kita kepada Allah yang telah mengutus mereka. Ammiin..

Sumber;
- Buku Mengungkap kebenaran tentang keberadaan.Rasul
- http://mitra-sbm.blogspot.com -kisah-25-nabirasul-allah-lengkap.html
-http://indocropcircles.wordpress.com


,
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...