Iiih, ribuan kutu bermukim dalam rambut seorang gadis

Masih ingat dengan kebiasaan mencari kutu rambut yang dahulu sering dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya atau anak terhadap orang tua atau dilakukan oleh sesama kerabat. 

Kebiasaan itu tentu sudah mulai berkurang di kota-kota besar meski masih banyak juga yang melakukannya sekedar iseng atau sambil ngerumpi. 

Nah, kalau di Indonesia para orang tua sangat concern terhadap kesehatan anaknya terutama dengan masalah kutu yang bisa membuat malu orang yang mengidapnya.  Lain lagi dengan kasus yang teradi di Eropa berikut ini. 



Sebuah video yang baru-baru ini diunggah ke Youtube menampilkan ratusan atau bahkan mungkin ribuan kutu rambut yang bermukim dalam rambut seorang anak perempuan yang membuat bergidik orang yang melihatnya.

Video yang berdurasi 2 menit 10 detik itu memperlihatkan seorang ibu yang berjuang keras menyeret kutu-kutu yang bersembunyi dibalik rambut hitam anak perempuannya dengan menggunakan sisir serit (sisir kerep). Ratusan kutu yang masih hidup dan berwarna hijau pucat itu tampak memenuhi separuh dari sisir tersebut.



Banyak komentar yang menyatakan keterkejutannya atas masih adanya orang yang memiliki kutu rambut sebanyak itu. 

"Bagaimana bisa rambut manusia memiliki kutu sebanyak itu?" tulis seorang netter kaget. "Aku yakin ini kasus kutuan paling parah yang pernah ada," imbuh lainnya. "Aku tidak bisa membayangkan seperti apa rasanya jadi bocah itu," ucap netter. 



Para ahli yang juga menonton video tersebut mengaku sangat terkejut. Mereka meyakini bahwa ratusan kutu itu telah hidup begitu lama dengan membangun sarangnya di rambut gadis malang itu. 



Dr. Aleandra Perottti, seorang Dosen Ilmu Biologi di Inggris menyebut kasus-kasus seperti ini masih banyak ditemukan di Eropa namun tidak seekstrim seperti dalam video tersebut. 

"Kasus seperti ini biasa terjadi pada tuna wisma dan anak-anak terlantar," ucap Dr. Alejandra Perotti. "Mereka seharusnya menggunduli gadis itu untuk memusnahkan kutu karena bersisir dan memakai shampoo tak akan mempan."


Mahluk apakah kutu rambut itu ? 
Kutu rambut atau dikenal juga sebagai Pediculosis capitis, adalah serangga kecil berukuran biji wijen yang tumbuh dan hidup di rambut manusia. Serangga ini mendapatkan makanan dengan menggigit kuit kepala lalu menghisap darah.

Perkembangbiakkan mereka dimulai dengan serangga betina yang bertelur disela-sela akar rambut dari kulit kepala yang hangat, dan kehangatan itulah yang membuat telur-telur mereka akan menetas lalu berkembangbiak dan akan terus berkembangbiak.




Kutu rambut ini bisa menginfeksi tidak hanya rambut yang kotor maupun rambut yang jarang dicuci bersih. Tetapi bisa juga menginfeksi semua jenis rambut, baik rambut panjang maupun pendek.
Ketika kutu menginfeksi rambut manusia maka mereka akan merasakan gatal yang sangat karena sifat alergi manusia terhadap kutu. Namun tidak semua orang bisa mendapati rasa gatal karena bisa saja mereka tidak terdeteksi dan terus bertambah banyak. 


Ratusan telur yang dihasilkan oleh kutu betina berukuran sangat kecil dan sulit dilihat, setelah berusia tujuh hingga 10 hari telur-telur itu menetas dengan kulit telur yang tetap menempel pada rambut manusia. 

Dengan menggigit kulit kepala dan menghisap darahnya, kutu-kutu yang baru menetas itu hanya butuh waktu 10 hari sampai menjadi kutu dewasa dan pada saat itulah mereka bisa menular pada rambut manusia lainnya yang bersentuhan. 

Infeksi kutu bisa terjadi akibat beberapa hal , di antaranya rambut yang terinfeksi bersentuhan dengan rambut orang lain, misalnya ketika sedang melakukan foto selfie bersama, tiduran, dan lain-lain. Sedangkan infeksi lain terjadi akibat menggunakan menggunakan barang-barang yang berhubungan dengan rambut terinfeksi misalnya menggunakan sisir yang digunakan oleh orang yang memiliki kutu, tidur di bantal yang sama, menggunakan handuk rambut, dan sebagainya. 


Infeksi kutu bisa dicegah dengan teratur menjaga kebersihan rambut dan lingkunan rumah, sedangkan untuk pengobatannya hanya terdiri dari dua pilihan yaitu menggunduli rambut kepala dan meggunakan obat khusus. 

Semoga manfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Iiih, ribuan kutu bermukim dalam rambut seorang gadis"

Posting Komentar