Membongkar teori praktek dukun palsu

Sejak dahulu masyarakat kita dikenal sangat percaya akan adanya dunia mistis dan hal tersebut ternyata banyak disalahgunakan oleh orang-orang yang mengaku pintar dengan berkedok sebagai dukun palsu. 

Tulisan yang disusun dari berbadai sumber berikut ini akan membongkar praktek dukun palsu dengan mencari tahu apa dan bagaimana cara mereka bekerja dan mengaku sebagai dukun yang pintar mengobati.
 
Sudah banyak berita - berita mengenai terbongkarnya praktik dukun palsu di berbagai daerah, termasuk yang melibatkan orang-orang terkenal. 

Biasanya sebelum melakukan praktik perdukunannya itu, sang dukun palsu tersebut akan berusaha mempengaruhi mental dan kejiwaan calon pasiennya dengan berbagai hal-hal yang berbau mistis, misalnya menganggap penyakitnya itu sebagai ulah dari seseorang yang dengki, atau karena ulah mahluk halus. 


 
Orang yang percaya dengan kata-kata si dukun palsu itu tentu akan meminta sang dukun tersebut untuk segera mengobatinya dan tanpa berfikir panjang bersedia memberikan sejumlah uang yang diminta.  

Untuk mencegah terjadinya penipuan dari prakik dukun palsu ini, mari kita simak seperti apa sebenarnya sesuatu yang kita anggap mistis dan sangat ajaib itu. Pasti anda akan tercengang dibuatnya. 

Mempengaruhi pasien dengan telur berisi benda aneh 

Telur adalah sarana yang paling umum digunakan dalam media pengobatan yang dilakukan para dukun-dukun palsu. Biasanya sebelum memulai praktik tersebut si dukun akan berpura - pura mengeluarkan telur yang menurutnya masih segar. 

Setelah melakukan sedikit mantra-mantra, dimulailah praktik penarikan penyakit dari pasien tersebut ke dalam telur tersebut. Setelah itu telur pun dipecahkan dan betapa kagetnya sang pasien karena telur segar itu ternyata berisi darah, silet, jarum, dan benda-benda tajam lainnya. 

Lalu bagaimana bisa bennda-benda tersebut berada dalam telur itu ? Rahasianya sudah ada sejak pasien tersebut belum bertemu dengan si dukun palsu tersebut. Sebelum memulai ritual, si dukun yang biasanya akan dibantu asistennya akan memasukkan beberapa cairan atau benda-benda tertentu ke dalam celah yang dibuat dari sebutir telur ayam. 

Gambar berikut adalah cara bagaimana telur ayam bisa diisi dengan benda-benda tertentu.  


Sedangkan rahasia yang lainnya adalah sediakan telur mentah, cuka, sabun yang warnanya serupa dengan kulit telur, dan benda-benda tajam seperti jarum, silet, dll. 

Rendam telur dalam air cuka sekitar 1 jam, setelah itu bagian telur yang sudah lembek dimasukkan jarum, silet, atau darah ayam yang dimasukkan menggunakan alat suntik.  Setelah selesai olesi bagian yang terbuka dengan menggunakan sabun yang sewarna. 


Mempengaruhi pasien dengan keris atau tongkat/ kayu yang bergetar 

Cara lain yang biasa dilakukan adalah menggunakan peralatan lain seperti keris atau tongkat/kayu yang ditempelkan pada bagian-bagian tubuh pasien yang sakit. Pada waktu itu keris atau benda yang ditempelkan itu terlihat bergetar dengan hebat sehingga memunculkan keyakinan dari si pasien bahwa dirinya memang telah diguna-guna atau diganggu mahluk halus. 

Triknya? Ternyata bagian gagang keris tersebuat telah dilengkapi dengan beberapa batre sebagai sumber tenaga yang mungkin saja difungsikan untuk menyalakan motor dc/dinamo yang membuat keris menjadi bergetar ketika tombolnya ditekan. 

Masih banyak lagi hal-hal selain di atas, dan biasanya pula para dukun-dukun palsu ini akan memanfaatkan beberapa hewan hidup seperti ulat yang akan mereka sebut sebagai bilatung, dan biasanya yang digunakan adalah ulat dari ulat hongkong yang cukup umum digunakan sebagai pakan burung!. 



Jadi kalau ada dukun yang mengaku-ngaku telah mengeluarkan belatung dari tubuh anda, tetapi bentuknya seperti ulat hongkong, maka sudah bisa dipastikan hal tersebut adalah tipuan, karena pada dasarnya ulat hongkong adalah jenis ulat yang berkembang dengan cara dikembangbiakkan atau diternakkan oleh orang-orang tertentu saja misalnya penggemar burung atau reptil. So, pikir saja dengan akal sehat :) 


 Itu hanya sebagian saja teori-teori yang selama ini digunakan oleh dukun-dukun palsu memang berniat menipu dan mengeruk keuntungan dari korbannya. Walau begitu, masih banyak orang-orang pintar yang melakukan dengan cara yang benar, dan untuk itu anda harus bisa membedakannya. 

sumber: berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membongkar teori praktek dukun palsu"

Posting Komentar