Tips menjaga dan merawat batu cincin agar tetap mengkilap

Untuk mendapatkan batu cincin yang berkualita, tak jarang para penggemar batu harus merogoh kocek mereka lebih dalam hanya untuk memenuhi keinginan mereka akan jenis batu yang tampak indah dan cantik.  
 
cara merawat batu cincin, cara membersikan batu, membersikan batu bacan,




Namun begitu, tak sedikit penggemar batu yang masih belum faham bahwa sebenarnya keindahan kilauan dari batu tersebut sangat tergantung dari bagaimana cara merawat batu cincin tersebut. Apalagi kalau batu cincin tersebut sering digunakan.

Karena itulah, agar batu cincin tersebut selalu tampak berkilauan dengan indahnya maka kita harus rutin merawat dan membersikannya, terlebih kalau harga batu tersebut cukup tinggi. Selain itu, jenis batu yang biasa pun jika kita mengerti cara merawat batu maka satu hari nanti bisa memiliki harga yang mahal lantaran keindahannya.
 

Berikut tips bagaimana cara merawat batu cincin agar tetap indah, berkilauan, dan tidak mudah rusak.
  • Jaga batu tersebut dari paparan cahaya matahari langsung, apalagi pada saat sedang terik-teriknya (panas). Selain itu, hindari juga menyimpan batu dekat permukaan yang panas, misalnya di atas kulkas, dekat kompor, atau di atas dashboard kendaraan yang terkena cahaya matahari langsung dan mesin kendaraan.
  • Jangan cuci batu cincin dengan air panas, karena tidak semua jenis batu mulia bisa bertahan dari air yang bersuhu panas. Batu dengan tingkat kekerasan yang tinggi tentu masih bisa bertahan, tapi pada jenis batu dengan tingkat kekerasan yang rendah akan membuat batu mudah retak dan rusak.
  • Hindari juga mencuci batu dengn air sabun yang mengandung pemutih atau bahan kimia yang bersifat panas.
  • Gunakan lap khusus untuk membersihkan batu dengan cara menggosoknya, atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang lembut untuk membersihkan bagian yang tidak bisa dijangkau. 
  • Banyak pedagang yang tidak menganjurkan membersihkan batu cincin menggunakan air, apalagi jika batu tersebut telah diikat pada cincin karena hal itu bisa membuat pengikat cepat rusak terutama yang berkualitas rendah, sehingga sewaktu-waktu batu tersebut bisa terjatuh dan rusak.

Itulah beberapa cara merawat batu cincin agar tetap indah dan selalu berkilauan, dan yang penting adalah kemulusan batu tersebut tetap terjaga dan awet.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips menjaga dan merawat batu cincin agar tetap mengkilap "

Posting Komentar