Inilah nama-nama bayi yang dilarang digunakan di sejumlah negara

Beberapa orang tua di Indonesia akan berusaha memberi nama anaknya dengan nama unik dan tidak pasaran, selain itu nama yang digunakan pun kadang memilik arti sebagai 'doa dan harapan', juga memperlihatkan identitas asal atau keturunannya.   

nama bayi yang tidak boleh dipakai



Di masa kini, para orang tua terkadang begitu kreatif dalam memberikan nama bagi anaknya. Biasanya nama yang diberikan pada anaknya itu pun kadang terlalu unik dan bahkan satu-satunya di dunia, tapi tidak semua nama yang unik maupun yang terlalu unik itu bisa digunakan, karena beberapa negara melarang penggunaan nama-nama tersebut dengan beberapa alasan. 

Berikut nama-nama bayi yang dilarang digunakan di sejumlah negara. 

1. Selandia Baru 
Sejak tahun 2001, Departemen Dalam Negeri Selandia Baru melarang penggunaan nama bayi yang berkaitan dengan jabatan dalam pemerintahan. Nama-nama yang dilarang tersebut adaah duke, princess, dan sebagainya. 

2. Swedia 
Swedia membatasi pemberian nama yang dilakukan oleh orangtua pada bayinya. Untuk nama depan dan nama belakang bahkan harus melalui persetujuan dari pihak berwenang.  Nama-nama seperti IKEA, Metallica sangat dilarang digunakan sebagai nama bayi, tapi nama 'google; justru diperbolehkan. Karena itu pula, pernah ada seorang warganya yang memberi nama anakna dengan "Brfxxccxxmn-pcccclllmmn-prxvclmnck-ssqlbb11116" sebagai bentuk protes pada negara yang telh membatasi penggunaan nama oleh warganya. Namun, nama yang dilafalkan sebagai 'Aliiin' itu pun dilarang untuk dipakai. 

3. Malaysia 
Malaysia yang mayoritas berpenduduk muslim ini melarang penggunaan nama 'violet' untuk bayi. Di Malaysia, para orang tua pun tidak diperbolehkan memberi nama anaknya dengan nama-nama yang berkaitan dengan unsur binatang, serangga, buah-buahan, sayuran dan warna-warna. 

4. Jerman 
Dalam buku panduan pemberian nama untuk anak, melarang para orang tua di Jerman memberi nama anaknya dengan kata-kata yang berhubungan dengan kekejian dan kejahatan. Nama-nama seperti Hitler, Osama bin Laden, Kennedy, Taylor, RIley, dan Quinn cukup dilarang. Bahkan penamaan anak pun harus mengacu pada gender yang jelas. 

5. Portugal
Monalisa adalah salah satu nama yang dilarang untuk orang tua memberikan nama pada anaknya, karena mengacu pada lukisan perempuan dengan senyumnya yang misterius karya Leonardo da Vinci. Selain itu Pablo, Nirvana, dan Olaf adalah beberapa nama lainnya yang juga dilarang digunakan. 

6. Arab Saudi 
Di Arab, nama-nama seperti Elaine, Laura, dan sandy sangat dilarang karena berhubungan dengan kerajaan. Bahkan nama yang bukan merupakan bahasa arab asli dan tidak mengandung unsur islami akan dianggap bisa mengganggu sensibilitas kereligiusan. 

7. Belgia 
Di Belgia, nama seperti Jerusalem sangat dilarang, namun diperbolehkan menggunakan nama Bethlehem. 

8. Jepang 
Di Jepang anda tidak akan menemukan seorang anak yang bernama Akuma, karena nama tersebut bermakna 'Setan', dan itu dilarang digunakan.

9. Meksiko
Di sini, sangat dilarang memberi nama anak dengan nama-nama yang berhubungan dengan karakter fiksi, seperti Harry Potter, Rambo, James Bond. Bahkan ada sekitar 61 nama yang dilarang digunakan yang semuanya terdiri dari tokoh-tokoh fiksi. 
Inilah nama-nama bayi yang dilarang digunakan di sejumlah negara

sumber: liputan6

Subscribe to receive free email updates: