Inilah ragam kisah urban legend yang mengerikan di dunia

Cerita tentang mitos-mitos yang berlaku di satu daerah atau urban legend memang selalu menarik untuk disimak. Cerita-cerita tersebut terkadang berkaitan dengan misteri atau legenda tentang mahluk selain manusia yang menyeramkan.  

kisah hantu, cerita hantu, mitos, penampakan hantu


Boleh percaya atau tidak, tapi hampir setiap negara memiliki kisah urban legendnya masing-masing yang beberapa bahkan telah berkembang sejak puluhan atau ratusan tahun yang lalu.
Berikut beberapa urban legend terkenal yang menyeramkan dari beberapa negara.


Kisah Mae Nak Phra Khanong - Thailand  



Thailand dikenal sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang menyimpan berbagai cerita misteri yang menyeramkan. Salah satu kisahnya adalah Me Nak Phra Khanong. Konon ceritaya, sekitar tahun 1850-an hidup seorang wanita bernama Nak yang telah menikah dengan pria bernama Tid Mak. Kisah cinta keduanya sangat romantis, sampai akhirnya wanita tersebut berbadan dua. Sayang karena kondisi Thailand yang sedang bergolak saat itu, membuat Tid Mak harus meninggalkan istri yang tengah mengandung itu karena terkena wajib militer.  


Berbulan-bulan lamanya, sang suami tak juga pulang ke rumahnya. Bahkan sampai ia melahirkan pun sang suami tidak diketahui keberadaannya. Namun saat melahirkan itulah ia melahirkan pendarahan, dan menyebabkan ia meninggal bersama sang bayi yang dikandungnya. Sejak itulah, masyarakat percaya jika arwah Nak terus bergentayangan dan menjadi cerita hantu yang paling menyeramkan di Thailand. 


Dan bukan itu saja, kejadian menyeramkan bukan hanya penampakkan arwahnya saja, tapi juga ketika sang suami telah pulang ke rumah mereka dan menjumpai 'istri dan anaknya' itu di rumahnya. Ironis memang, sang suami tidak mengetahui kalau istri sudah meninggal. Dan setiap kali ada warga yang berusaha memberitahu hal itu pada Tid Mak, maka ia akan meninggal dengan cara yang mengerikan. Seolah-olah, hantu Nak akan membunuh siapa saja yang berani menceritakan keadaan sebenarnya pada suaminya itu.


Cerita mengenai Mae Nak Phra khanong ini pun pernah dibuat versi layar lebarnya dengan judul yang sama.

Tomino's Hell - Jepang 



Jepang pun mempunyai beragam cerita urban legend yang terkenal, salah satunya adalah kisah tentang Neraka Tomino atau Tomino's Hell.  Tidak seperti namanya, Neraka Tomino bukanlah sebuah nama tempat atau mahluk jadi-jadian, tetapi merupakan judul darii sebuah puisi yang telah dikutuk. 



Puisi Neraka Tomino menceritakan tentang sosok Tomino yang meninggal dan kemudian masuk ke dalam neraka. Setiap kata-kata dalam puisi tersbeut mengandung jeritan-jeritan menyeramkan yang bisa membuat pembacanya seketika merasa terhanyut dan masuk alam suasana di dalamnya, dan juga merasakan bagaimana sakitnya peneritaan Tomino! .
Menurut kabar, mereka yang nekat membaca puisi ini akan ikut terkena kutukan dan bisa kehilangan nyawanya. 


Legenda Bus Malam di Bejing, China.


 
Suatu ketika ada seorang pemuda yang menghentikan bus di sebuah halte. Ia kemudian naik ke dalam bus yang kosong dan hanya ada seorang penumpang di dalamnya. Penumpang itu tak lain adalah seorang kakek-kakek yang duduk di belakang sopir. Tak lama setelah itu, bus berhenti di halte selanjutnya. Dua pemuda lain pun turut naik, dan memutuskan untuk duduk di belakang kakek tersebut.


Entah ada angin apa, Sang kakek langsung marah dan menuduh dua pemuda tadi adalah pencopet dan menyuruhnya turun dari bus. Pemuda pertama pun bertanya-tanya mengapa kakek-kakek itu marah tanpa sebab. Dan ternyata, ia mengatakan bahwa dua pemuda tadi tak punya kaki yang jelas-jelas mengindikasikan bahwa mereka adalah hantu yang ingin mengganggu.


Keesokan harinya, bus malam tersebut menghilang dan baru saja ditemukan oleh pihak kepolisian di daerah yang sangat terpencil. Saat mengintip ke bagian dalamnya di temukan berbagai mayat bergelimpangan. Bau busuk yang menyengat pun membanjiri bagian dalam bus. Ketika melihat isi tangki, bukan bensin yang ada di dalamnya, melainkan darah merah yang sangat kental.


Kisah pembunuhan Hello Kity - Hong Kong 


 
Kisahnya terjadi pada tahun 1999 silam, pada waktu itu masyarkat Kota Hongkong dihebohkan oleh peristiwa pembantaian di sebuah aparteman yang terletak di sudut kota. Dalam peristiwa tersebut, seorang wanita yang bernama Fan Man-Yee meninggal dengan cara yang terbilang sadis. Tubuhnya dicincang hingga berkeping-keping, dan dibuang bersama sampah rumah tangga. Sang pelaku hanya menyisakan bagian kepalanya yang saja yang kemudian ia sembunyikan dalam boneka Hello Kitty. 


Kisah ini memang bukan legenda, tetapi kisah sebenarnya karena setelah bertahun-tahun akhir pelaku pembunuhan atas nona Fan itu berhasil ditangkap dan dihukum dengan hukuman seumur hidup. Namun yang cukup mengagetkan warga sekitar adalah, setelah pelakunya mendekam di tahanan, sering terjadi aksi teror di apartemen tempat terjadinya pembantaian tersebut. Bahkan kamera CCTV pun menangkap gambar sosok perempuan yang tengah mengintai para penghuninya. Akibatnya, apartemen itu ditinggalkan, dan pihak pengelola pun mengalami kerugian yang kemudian menghancurkan bangunan ini pada tahun 2012 lalu. 


Cerita orang minyak - Malaysia 




Legenda Orang Minyak tentunya sudah sangat lekat di telinga masyarakat Malaysia. Hantu inilah yang diyakini menjadi pelaku pemerkosaan di berbagai tempat di penjuru Malaysia. Sosok hantunya sendiri digambarkan dengan lelaki tanpa busana dan melumuri tubuhnya dengan minyak berwarna hitam legam. Konon, Orang Minyak sendiri tak akan pernah bisa terlihat oleh wanita yang sudah tidak perawan. Untuk menghindari jadi buruan hantu ini, para wanita diharuskan memakai baju yang penuh dengan keringat sebagai pengecoh agar terlihat seperti pria.


Kisah ini sendiri sudah sangat populer sejak tahun 60-an karena diperbincangkan dari mulut ke mulut. Hingga bertahun-tahun silam, legenda Orang Minyak ini pernah diangkat menjadi sebuah film. Orang Minyak sendiri pada awalnya merupakan manusia biasa. Namun, ia diharuskan untuk memperawani sebanyak 40 wanita agar bisa menjadi kuat dan sakti. Kulitnya akan kembali memutih jika ia sudah berhasil menyelesaikan misinya
 

Mitos Maria Labo - Filipina 


Masyarakat Filipina akan langsung ketakutan ketika ditanya soal legenda Maria Labo. Apa sih yang membuat legenda ini begitu menyeramkan? Maria Labo sendiri dulunya adalah seorang wanita biasa yang hidup bahagia bersama suami dan anak-anaknya. 

Karena tuntutan ekonomi yang sangat minim, Maria memutuskan untuk menjadi seorang pembantu dan merawat seorang kakek tua. Tanpa sepengetahuannya, kakek ini telah hidup dalam kutukan. Ketika ia mati, hanya Maria lah yang ada di rumah dan secara otomatis kutukan itu berpindah ke dalam tubuhnya.

Ia pun menyadari bahwa kondisi ekonomi keluarganya akan semakin hancur jika ia kembali menganggur. Untuk itulah akhirnya ia memutuskan berhijrah ke Kanada. Entah apa yang terjadi, ia akhirnya berubah menjadi kanibal dan membunuh manusia. Sepulangnya dari Kanada, hal yang sama ia lakukan kepada anak-anaknya. Sang suami yang merasakan kejanggalan ini akhirnya menemukan sebuah panci yang penuh dengan darah dan daging dari anak-anaknya sendiri. Ia pun akhirnya marah dan menusuk Sang istri dengan pisau di bagian wajahnya. Sejak saat itu, Maria pergi dari rumah dan dipercaya masih berkeliaran di Filipina.
 

Kutukan Kamar Merah - Jepang 


Seperti halnya puisi yang telah dikutuk di Jepang, jenis game yang satu ini pun kabarnya telah membuat banyak orang tidak berani memainkannya. Game tersebut dikenal dengan legenda kutukan kamar merah.
 

Konon katanya, ketika sang pemainnya telah menemukan sebuah pintu yang berwarna merah dalam permainan ini, maka tanpa disadari mereka akan terhipnotis dan akan menyebutkan namanya sendiri dan juga nama seluruh teman-teman yang ada di dekatnya. Sampai keesokan harinya, gamer tersebut akan ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di dalam kamarnya yang  telah berubah menjadi pemandangan yang mengerikan, karena sekeliling dindinginya dipenuhi oleh darah. Hal yang sama juga akan menimpa teman-teman yang telah ia sebutkan ketika sedang bermain.
 

Kuburan Don Simeon Bernardo - Filipina 

 

Sejatinya, makam memang selalu mengundang bulu kuduk kita untuk berdiri. Namun, kamu akan benar-benar dibuat takut oleh sebuah makam yang terletak di Malabon, Filipina. Kuburan orang bernama Don Simeon inilah yang diyakini masyarakat Filipina sebagai kuburan paling menyeramkan dan mengundang maut. Hal ini bermula dari sebuah patung di atasnya dan sebuah batu di sebelahnya yang dipercaya sebagai media setan untuk menghancurkan kehidupan manusia.
 

Para orang renta yang tinggal di sekitar kawasan makam Don Simeon pun mengungkapkan pengakuan yang sangat mencengangkan. Mereka mengatakan bahwa patung itu terus tumbuh setiap tahunnya. Tak berhenti sampai di sini, saat malam hari tiba, patung itu pun berkeliaran dan menghantui siapa saja yang melintas di area makam. Sejak saat itulah akhirnya patung ini dianggap sebagai momok menakutkan dan diputuskan untuk dilingkari dengan sebuah kandang besi agar ia tak bisa keluar.
 

Cosmetic Sesame - Korea Selatan 


Masyarakat Korea Selatan pun tak luput dari kisah menyeramkan. Cosmetic Sesame sendiri merupakan sebuah legenda yang bercerita tentang seorang wanita yang sangat bergantung pada perawatan kecantikan agar penampilannya tetap terjaga. Segala cara apapun akan ia lakukan demi membuat wajah dan kulitnya jadi makin cantik dari hari ke hari. Hingga suatu saat ia menemukan teknik perawatan kecantikan dengan metode biji wijen. Ia pun yakin bahwa kulitnya akan menjadi lebih mulus dari pada sebelumnya.



Namun, segala harapan yang sudah diyakininya justru hancur berkeping-keping. Kulit yang tadinya mulus berubah menjadi memerah dan tumbuh luka-luka hitam menonjol yang nampak seperti biji wijen. Melihat kondisi tubuhnya yang menyeramkan, ia pun menjadi gila. Ia pun ditemukan Sang ibu duduk memojok di sudut kamar mandi dan mencoba melepas satu persatu biji wijen yang menodai kulitnya hingga akhirnya ia mati. Masih berani pakai produk kecantikan yang aneh-aneh?
 

Hantu Sara Jane - Texas


Ada sebuah jalan raya di Texas yang dikenal dengan penampakan sosok hantu Sara Jane. Dikisahkan kalau Sara Jane ini adalah istri dari seorang tentara. Ketika sang suami tewas dalam perang, ia mendengar bahwa pasukan musuh sedang menuju rumahnya. Dalam keputusasaan , Sara pun meletakkan bayinya dalam sebuah keranjang, dan menaruhnya di bawah jembatan agar ditemukan orang yang mau merawatnya, sedangkan ia kembali pulang ke rumahnya untuk menggantung diri.
 

Sejak saat itu, setiap malam hari, di jembatan tempat ia menaruh bayinya itu akan sering terlihat sosok Sara Jane yang merintih sambil menangis mencari bayinya, dengan membawa sebuah lentera.
 

Urband legend di Indonesia ?
 

Jangan tanya deh, masyarakat Indonesia sejak dahulu sangat percaya dengan adanya alam ghaib dan dunia arwah. Karena itu pula, tidak sedikit cerita-cerita urban legend yang berkembang di masyarakat, mulai dari Legenda si Manis Jembatan Ancol, Terowongan Cassablanca, Hantu ambulan, sampai kisah tentang hantu boneka di jalanan kota Bandung.
 

Si Manis Jembatan Ancol - Jakarta
 

kisah ini berawal di saat zaman penjajahan Belanda, di mana Jakarta saat itu masih bernama Batavia. Pada waktu itu, hiduplah seorang ibu dan anaknya yang cantik jelita bernama Siti Ariah. Keindahan paras yang dimiliki Siti Ariah ini pun mencuri perhatian banyak pria, salah satunya adalah Sang juragan tempat di mana ia bekerja dengan ibunya sebagai pembantu rumah tangga. Ia pun berniat untuk segera meminangnya, namun hal ini ditolak mentah-mentah oleh gadis berusia 16 tahun itu. Ia pun akhirnya memutuskan untuk kabur. 

Di tengah-tengah pelariannya, Ariah bertemu dengan seorang pria kaya raya yang memiliki sebuah vila di kawasan Ancol. Pria tersebut akhirnya menugaskan pesuruhnya untuk segera menangkap Ariah dan menemuinya. Namun, Ariah bersikeras untuk melawan pesuruh juragan kaya raya itu dan akhirnya menyebabkan ia meninggal tepat di area bendungan di dekat Danau Sunter yang terkenal sangat angker. 

Mengetahui gadis cantik itu telah meninggal, dua orang pesuruh tersebut merasa ketakutan dan memutuskan untuk membuang jasad Ariah di area persawahan yang hanya berjarak 400 meter dari jembatan Ancol. Sejak kematiannya, begitu banyak saksi mata yang sering melihat seorang wanita cantik berlalu-lalang di sekitar jembatan. Hal inilah yang menjadi asal mula legenda Si Manis Jembatan Ancol.
 

Hantu Boneka Panda - Bandung
 

Konon  di sekitar jalan Babakan Siliwangi sekitar tahun 1981, pernah terjadi peristiwa tabrakan yang melibatkan seorang anak kecil. Ada beragam versi mengenai peristiwa tersebut, ada yang mengatakan bahwa ketika tertabrak anak kecil tersebut sedang memegang boneka panda yang kemudian terlepas dan hilang entah kemana. Sedangkan versi lain menyebutkan bahwa anak kecil tersebut kemudian di rawat di rumah sakit, dan sebelum meninggal ia selalu mencari boneka pandanya itu. 




Menurut cerita yang beredar, di jalan tersebut sering muncul hantu yang berbentuk boneka panda kecil, sedangkan cerita lain menyebutkan arwah anak perempuan tersebut sering terlihat bergelantung di pohon sekitar Jl Siliwangi sambil membawa bonekanya, dengan muka yang hancur.
Cerita tentang mitos-mitos yang berlaku di satu daerah atau urban legend memang selalu menarik untuk disimak. Cerita-cerita tersebut terkadang berkaitan dengan misteri atau legenda tentang mahluk selain manusia yang menyeramkan.  

kisah hantu, cerita hantu, mitos, penampakan hantu


Boleh percaya atau tidak, tapi hampir setiap negara memiliki kisah urban legendnya masing-masing yang beberapa bahkan telah berkembang sejak puluhan atau ratusan tahun yang lalu.
Berikut beberapa urban legend terkenal yang menyeramkan dari beberapa negara.


Kisah Mae Nak Phra Khanong - Thailand  



Thailand dikenal sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang menyimpan berbagai cerita misteri yang menyeramkan. Salah satu kisahnya adalah Me Nak Phra Khanong. Konon ceritaya, sekitar tahun 1850-an hidup seorang wanita bernama Nak yang telah menikah dengan pria bernama Tid Mak. Kisah cinta keduanya sangat romantis, sampai akhirnya wanita tersebut berbadan dua. Sayang karena kondisi Thailand yang sedang bergolak saat itu, membuat Tid Mak harus meninggalkan istri yang tengah mengandung itu karena terkena wajib militer.  


Berbulan-bulan lamanya, sang suami tak juga pulang ke rumahnya. Bahkan sampai ia melahirkan pun sang suami tidak diketahui keberadaannya. Namun saat melahirkan itulah ia melahirkan pendarahan, dan menyebabkan ia meninggal bersama sang bayi yang dikandungnya. Sejak itulah, masyarakat percaya jika arwah Nak terus bergentayangan dan menjadi cerita hantu yang paling menyeramkan di Thailand. 


Dan bukan itu saja, kejadian menyeramkan bukan hanya penampakkan arwahnya saja, tapi juga ketika sang suami telah pulang ke rumah mereka dan menjumpai 'istri dan anaknya' itu di rumahnya. Ironis memang, sang suami tidak mengetahui kalau istri sudah meninggal. Dan setiap kali ada warga yang berusaha memberitahu hal itu pada Tid Mak, maka ia akan meninggal dengan cara yang mengerikan. Seolah-olah, hantu Nak akan membunuh siapa saja yang berani menceritakan keadaan sebenarnya pada suaminya itu.


Cerita mengenai Mae Nak Phra khanong ini pun pernah dibuat versi layar lebarnya dengan judul yang sama.

Tomino's Hell - Jepang 



Jepang pun mempunyai beragam cerita urban legend yang terkenal, salah satunya adalah kisah tentang Neraka Tomino atau Tomino's Hell.  Tidak seperti namanya, Neraka Tomino bukanlah sebuah nama tempat atau mahluk jadi-jadian, tetapi merupakan judul darii sebuah puisi yang telah dikutuk. 



Puisi Neraka Tomino menceritakan tentang sosok Tomino yang meninggal dan kemudian masuk ke dalam neraka. Setiap kata-kata dalam puisi tersbeut mengandung jeritan-jeritan menyeramkan yang bisa membuat pembacanya seketika merasa terhanyut dan masuk alam suasana di dalamnya, dan juga merasakan bagaimana sakitnya peneritaan Tomino! .
Menurut kabar, mereka yang nekat membaca puisi ini akan ikut terkena kutukan dan bisa kehilangan nyawanya. 


Legenda Bus Malam di Bejing, China.


 
Suatu ketika ada seorang pemuda yang menghentikan bus di sebuah halte. Ia kemudian naik ke dalam bus yang kosong dan hanya ada seorang penumpang di dalamnya. Penumpang itu tak lain adalah seorang kakek-kakek yang duduk di belakang sopir. Tak lama setelah itu, bus berhenti di halte selanjutnya. Dua pemuda lain pun turut naik, dan memutuskan untuk duduk di belakang kakek tersebut.


Entah ada angin apa, Sang kakek langsung marah dan menuduh dua pemuda tadi adalah pencopet dan menyuruhnya turun dari bus. Pemuda pertama pun bertanya-tanya mengapa kakek-kakek itu marah tanpa sebab. Dan ternyata, ia mengatakan bahwa dua pemuda tadi tak punya kaki yang jelas-jelas mengindikasikan bahwa mereka adalah hantu yang ingin mengganggu.


Keesokan harinya, bus malam tersebut menghilang dan baru saja ditemukan oleh pihak kepolisian di daerah yang sangat terpencil. Saat mengintip ke bagian dalamnya di temukan berbagai mayat bergelimpangan. Bau busuk yang menyengat pun membanjiri bagian dalam bus. Ketika melihat isi tangki, bukan bensin yang ada di dalamnya, melainkan darah merah yang sangat kental.


Kisah pembunuhan Hello Kity - Hong Kong 


 
Kisahnya terjadi pada tahun 1999 silam, pada waktu itu masyarkat Kota Hongkong dihebohkan oleh peristiwa pembantaian di sebuah aparteman yang terletak di sudut kota. Dalam peristiwa tersebut, seorang wanita yang bernama Fan Man-Yee meninggal dengan cara yang terbilang sadis. Tubuhnya dicincang hingga berkeping-keping, dan dibuang bersama sampah rumah tangga. Sang pelaku hanya menyisakan bagian kepalanya yang saja yang kemudian ia sembunyikan dalam boneka Hello Kitty. 


Kisah ini memang bukan legenda, tetapi kisah sebenarnya karena setelah bertahun-tahun akhir pelaku pembunuhan atas nona Fan itu berhasil ditangkap dan dihukum dengan hukuman seumur hidup. Namun yang cukup mengagetkan warga sekitar adalah, setelah pelakunya mendekam di tahanan, sering terjadi aksi teror di apartemen tempat terjadinya pembantaian tersebut. Bahkan kamera CCTV pun menangkap gambar sosok perempuan yang tengah mengintai para penghuninya. Akibatnya, apartemen itu ditinggalkan, dan pihak pengelola pun mengalami kerugian yang kemudian menghancurkan bangunan ini pada tahun 2012 lalu. 


Cerita orang minyak - Malaysia 




Legenda Orang Minyak tentunya sudah sangat lekat di telinga masyarakat Malaysia. Hantu inilah yang diyakini menjadi pelaku pemerkosaan di berbagai tempat di penjuru Malaysia. Sosok hantunya sendiri digambarkan dengan lelaki tanpa busana dan melumuri tubuhnya dengan minyak berwarna hitam legam. Konon, Orang Minyak sendiri tak akan pernah bisa terlihat oleh wanita yang sudah tidak perawan. Untuk menghindari jadi buruan hantu ini, para wanita diharuskan memakai baju yang penuh dengan keringat sebagai pengecoh agar terlihat seperti pria.


Kisah ini sendiri sudah sangat populer sejak tahun 60-an karena diperbincangkan dari mulut ke mulut. Hingga bertahun-tahun silam, legenda Orang Minyak ini pernah diangkat menjadi sebuah film. Orang Minyak sendiri pada awalnya merupakan manusia biasa. Namun, ia diharuskan untuk memperawani sebanyak 40 wanita agar bisa menjadi kuat dan sakti. Kulitnya akan kembali memutih jika ia sudah berhasil menyelesaikan misinya
 

Mitos Maria Labo - Filipina 


Masyarakat Filipina akan langsung ketakutan ketika ditanya soal legenda Maria Labo. Apa sih yang membuat legenda ini begitu menyeramkan? Maria Labo sendiri dulunya adalah seorang wanita biasa yang hidup bahagia bersama suami dan anak-anaknya. 

Karena tuntutan ekonomi yang sangat minim, Maria memutuskan untuk menjadi seorang pembantu dan merawat seorang kakek tua. Tanpa sepengetahuannya, kakek ini telah hidup dalam kutukan. Ketika ia mati, hanya Maria lah yang ada di rumah dan secara otomatis kutukan itu berpindah ke dalam tubuhnya.

Ia pun menyadari bahwa kondisi ekonomi keluarganya akan semakin hancur jika ia kembali menganggur. Untuk itulah akhirnya ia memutuskan berhijrah ke Kanada. Entah apa yang terjadi, ia akhirnya berubah menjadi kanibal dan membunuh manusia. Sepulangnya dari Kanada, hal yang sama ia lakukan kepada anak-anaknya. Sang suami yang merasakan kejanggalan ini akhirnya menemukan sebuah panci yang penuh dengan darah dan daging dari anak-anaknya sendiri. Ia pun akhirnya marah dan menusuk Sang istri dengan pisau di bagian wajahnya. Sejak saat itu, Maria pergi dari rumah dan dipercaya masih berkeliaran di Filipina.
 

Kutukan Kamar Merah - Jepang 


Seperti halnya puisi yang telah dikutuk di Jepang, jenis game yang satu ini pun kabarnya telah membuat banyak orang tidak berani memainkannya. Game tersebut dikenal dengan legenda kutukan kamar merah.
 

Konon katanya, ketika sang pemainnya telah menemukan sebuah pintu yang berwarna merah dalam permainan ini, maka tanpa disadari mereka akan terhipnotis dan akan menyebutkan namanya sendiri dan juga nama seluruh teman-teman yang ada di dekatnya. Sampai keesokan harinya, gamer tersebut akan ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di dalam kamarnya yang  telah berubah menjadi pemandangan yang mengerikan, karena sekeliling dindinginya dipenuhi oleh darah. Hal yang sama juga akan menimpa teman-teman yang telah ia sebutkan ketika sedang bermain.
 

Kuburan Don Simeon Bernardo - Filipina 

 

Sejatinya, makam memang selalu mengundang bulu kuduk kita untuk berdiri. Namun, kamu akan benar-benar dibuat takut oleh sebuah makam yang terletak di Malabon, Filipina. Kuburan orang bernama Don Simeon inilah yang diyakini masyarakat Filipina sebagai kuburan paling menyeramkan dan mengundang maut. Hal ini bermula dari sebuah patung di atasnya dan sebuah batu di sebelahnya yang dipercaya sebagai media setan untuk menghancurkan kehidupan manusia.
 

Para orang renta yang tinggal di sekitar kawasan makam Don Simeon pun mengungkapkan pengakuan yang sangat mencengangkan. Mereka mengatakan bahwa patung itu terus tumbuh setiap tahunnya. Tak berhenti sampai di sini, saat malam hari tiba, patung itu pun berkeliaran dan menghantui siapa saja yang melintas di area makam. Sejak saat itulah akhirnya patung ini dianggap sebagai momok menakutkan dan diputuskan untuk dilingkari dengan sebuah kandang besi agar ia tak bisa keluar.
 

Cosmetic Sesame - Korea Selatan 


Masyarakat Korea Selatan pun tak luput dari kisah menyeramkan. Cosmetic Sesame sendiri merupakan sebuah legenda yang bercerita tentang seorang wanita yang sangat bergantung pada perawatan kecantikan agar penampilannya tetap terjaga. Segala cara apapun akan ia lakukan demi membuat wajah dan kulitnya jadi makin cantik dari hari ke hari. Hingga suatu saat ia menemukan teknik perawatan kecantikan dengan metode biji wijen. Ia pun yakin bahwa kulitnya akan menjadi lebih mulus dari pada sebelumnya.



Namun, segala harapan yang sudah diyakininya justru hancur berkeping-keping. Kulit yang tadinya mulus berubah menjadi memerah dan tumbuh luka-luka hitam menonjol yang nampak seperti biji wijen. Melihat kondisi tubuhnya yang menyeramkan, ia pun menjadi gila. Ia pun ditemukan Sang ibu duduk memojok di sudut kamar mandi dan mencoba melepas satu persatu biji wijen yang menodai kulitnya hingga akhirnya ia mati. Masih berani pakai produk kecantikan yang aneh-aneh?
 

Hantu Sara Jane - Texas


Ada sebuah jalan raya di Texas yang dikenal dengan penampakan sosok hantu Sara Jane. Dikisahkan kalau Sara Jane ini adalah istri dari seorang tentara. Ketika sang suami tewas dalam perang, ia mendengar bahwa pasukan musuh sedang menuju rumahnya. Dalam keputusasaan , Sara pun meletakkan bayinya dalam sebuah keranjang, dan menaruhnya di bawah jembatan agar ditemukan orang yang mau merawatnya, sedangkan ia kembali pulang ke rumahnya untuk menggantung diri.
 

Sejak saat itu, setiap malam hari, di jembatan tempat ia menaruh bayinya itu akan sering terlihat sosok Sara Jane yang merintih sambil menangis mencari bayinya, dengan membawa sebuah lentera.
 

Urband legend di Indonesia ?
 

Jangan tanya deh, masyarakat Indonesia sejak dahulu sangat percaya dengan adanya alam ghaib dan dunia arwah. Karena itu pula, tidak sedikit cerita-cerita urban legend yang berkembang di masyarakat, mulai dari Legenda si Manis Jembatan Ancol, Terowongan Cassablanca, Hantu ambulan, sampai kisah tentang hantu boneka di jalanan kota Bandung.
 

Si Manis Jembatan Ancol - Jakarta
 

kisah ini berawal di saat zaman penjajahan Belanda, di mana Jakarta saat itu masih bernama Batavia. Pada waktu itu, hiduplah seorang ibu dan anaknya yang cantik jelita bernama Siti Ariah. Keindahan paras yang dimiliki Siti Ariah ini pun mencuri perhatian banyak pria, salah satunya adalah Sang juragan tempat di mana ia bekerja dengan ibunya sebagai pembantu rumah tangga. Ia pun berniat untuk segera meminangnya, namun hal ini ditolak mentah-mentah oleh gadis berusia 16 tahun itu. Ia pun akhirnya memutuskan untuk kabur. 

Di tengah-tengah pelariannya, Ariah bertemu dengan seorang pria kaya raya yang memiliki sebuah vila di kawasan Ancol. Pria tersebut akhirnya menugaskan pesuruhnya untuk segera menangkap Ariah dan menemuinya. Namun, Ariah bersikeras untuk melawan pesuruh juragan kaya raya itu dan akhirnya menyebabkan ia meninggal tepat di area bendungan di dekat Danau Sunter yang terkenal sangat angker. 

Mengetahui gadis cantik itu telah meninggal, dua orang pesuruh tersebut merasa ketakutan dan memutuskan untuk membuang jasad Ariah di area persawahan yang hanya berjarak 400 meter dari jembatan Ancol. Sejak kematiannya, begitu banyak saksi mata yang sering melihat seorang wanita cantik berlalu-lalang di sekitar jembatan. Hal inilah yang menjadi asal mula legenda Si Manis Jembatan Ancol.
 

Hantu Boneka Panda - Bandung
 

Konon  di sekitar jalan Babakan Siliwangi sekitar tahun 1981, pernah terjadi peristiwa tabrakan yang melibatkan seorang anak kecil. Ada beragam versi mengenai peristiwa tersebut, ada yang mengatakan bahwa ketika tertabrak anak kecil tersebut sedang memegang boneka panda yang kemudian terlepas dan hilang entah kemana. Sedangkan versi lain menyebutkan bahwa anak kecil tersebut kemudian di rawat di rumah sakit, dan sebelum meninggal ia selalu mencari boneka pandanya itu. 




Menurut cerita yang beredar, di jalan tersebut sering muncul hantu yang berbentuk boneka panda kecil, sedangkan cerita lain menyebutkan arwah anak perempuan tersebut sering terlihat bergelantung di pohon sekitar Jl Siliwangi sambil membawa bonekanya, dengan muka yang hancur.

Subscribe to receive free email updates: