Tetap Selamat dan Aman Jalan-Jalan ke India

India merupakan negara yang unik. Padatnya penduduk menyebabkan kota ini sangat sumpek, kurang higienis, dan terkesan kurang aman. 

Di sisi lain, kebudayaannya yang masih sangat kental disertai kekayaan alam yang luar biasa menjadikan India sangat populer sebagai destinasi wisata. 

Para backpacker pun senang untuk mengunjungi negara ini. Tak jarang orang bertandang ke India pulang dengan makna hidup baru.

agen tiket pesawat lion air

Oleh karena itu, janganlah takut untuk mengunjungi India. Pesona yang dimilikinya mampu mengalahkan segala kekurangan yang disebutkan tadi. 

Mumpung agen tiket pesawat Lion Air semakin mudah ditemukan di era digital sekarang ini, seperti Traveloka.com

Jangan tunda terlalu lama keinginan Anda untuk mengunjungi India. Bekali diri dengan beberapa catatan penting berikut ini agar tetap selamat dan aman selama menjelajahi negeri asal Bollywood tersebut.



1. Pelesir ke selatan

Banyak pelancong profesional menyarankan agar menghindari kota. Pusat kota di India sangat ramai dan sumpek, sehingga Anda bisa cepat lelah dan stress. Lebih baik menyingkir ke daerah Selatan (via Goa). Kawasan selatan adalah destinasi yang pas untuk menikmati kekayaan alam dan budaya India. Salah satunya Land Kerala (desa yang ramah dan memiliki pemandangan alam memukau) dan Kanchipuram (salah satu kota sakral di India yang memiliki ribuan kuil kuno dan kota sutra/pusat bahan rajut dan sari).

2. Selalu bawa tisu toilet

Masalah utama toilet di India umumnya tidak dibekali tisu. Oleh karena itu, selalu bawa tisu toilet sendiri agar Anda tetap leluasa menggunakan toilet di mana pun.

3. Perhatikan makanan dan minuman

Sanitasi adalah hal yang kurang terjamin di India. Makanya selalu perhatikan apa yang akan Anda makan dan minum. Hindari makanan pinggir jalan, apalagi jika perut Anda sensitif. Jauhi jus, salad, dan es. Selalu bawa air kemasan botol. Jikapun membeli di warung, perhatikan segel dan isi botolnya. Jika mencurigakan, jangan dibeli. Akan lebih baik jika Anda bekali diri dengan vaksin lengkap sebelum ke India. Pastikan pula tas selalu diisi dengan obat probiotik dan cairan antiseptik.

4. Standar baju - sopan

Meskipun banyak tips menyarankan Anda menggunakan elemen baju khas India untuk membaur dengan penduduk dan mencegah perhatian berlebihan, sebaiknya jangan lakukan. Wajah kita yang tidak mirip dengan orang India akan tetap bahkan lebih mencolok jika menggunakan baju Kurta India. Sebaiknya gunakan baju sewajarnya yang tertutup. Kaos atau kemeja tidak ketat, serta celana panjang longgar adalah paling sempurna. Untuk perempuan, bisa bergaya tomboi untuk lebih aman.

5. Jangan ragu menawar

Orang India kerap memanfaatkan turis. Setiap kali mereka membuka harga, biasakan untuk membayar maksimal setengahnya. Caranya dengan menawar pertama di angka ¼ dari nilai yang diberikan penjual. Misalnya harga barang 2000 rupee, bayar hingga maksimal 1000 rupee saja. Tawar pertama di angka 500 rupee.

6. Bawa penyumbat telinga

India terkenal sangat berisik. Tak hanya para penduduk yang berbicara dengan volume tinggi dan tempo cepat, banyaknya festival dan ritus budaya juga membuat negara ini selalu ramai. Belum lagi tembok bangunannya yang kerap sangat tipis. Penyumbat telinga adalah kartu truf jika Anda ingin tidur nyenyak dan terhindar dari keramaian tersebut.

7. Pilihan menginap?

Untuk menikmati keakraban India, rumah singgah dan bnb adalah pilihan akomodasi yang cocok. Anda bisa mengakrabkan diri dengan pemilik akomodasi, mendapat kesempatan berbaur dengan aktivitas lokal, serta harganya lebih murah. Jangan lupa baca review dari situs terpercaya terlebih dahulu jika ingin mendapatkan akomodasi terbaik. Hotel bintang 5 yang populer atau hotel chain internasional bisa dipilih jika Anda ingin lebih mudah namun tentunya pengalamannya biasa saja.

8. Nikmati makan dengan tangan

Restoran di India umumnya tidak menyediakan sendok dan garpu karena makan pakai tangan adalah ciri khas negara ini. Kulinernya pun rata-rata memang lebih cocok dimakan dengan tangan. Siapkan cairan antiseptik pencuci tangan dalam kantong Anda selalu.

9. Sandal adalah alas kaki paling sempurna di India

Beberapa tempat di India tidak dapat dimasuki dengan alas kaki. Apalagi jika Anda ingin menjelajah beragam kuil dan tempat suci lainnya di negeri ini. Untuk memudahkan perjalanan, gunakan sandal yang lebih mudah dicopot dan dipakai kembali. Jika ingin kaki tetap bersih, jangan lupa pakai kaos kaki.

10. Jangan umbar kemesraan


Jika Anda berlibur ke India dengan pasangan (pacaran atau menikah), jangan pernah menunjukan kemesraan. Kurangilah berpegangan tangan. Aktivitas tersebut cukup tertutup di India sehingga jika Anda melakukannya, maka mata-mata di sekitar akan memandang Anda dengan kesan tidak nyaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tetap Selamat dan Aman Jalan-Jalan ke India"

Posting Komentar