Ingin buka puasa lebih cepat, warga Arab berbondong-bondong ke Indonesia

Banyak warga Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah terutama di bulan Ramadhan ini, tapi sebaliknya warga Arab Saudi justru banyak yang berkunjung ke Indonesia selama bulan puasa ini lantaran waktu berpuasa yang lebih pendek daripada di Saudi. Selain itu, banyak dari mereka yang berbondong-bondong berwisata ke daerah yang berhawa sejuk.

warga arab saudi



Fakta tersebut diungkap oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Musthafa Ibrahim Al-Mubarak, seperti dalam wawancaranya dengan merdeka.com. Menurutnya, banyak para wisatawan dari Arab yang berkunjung ke Indonesia pada waktu bulan Ramadhan.  Mengingat cuaca di Saudi cukup panas, maka mereka rata-rata ingin melaksanakan ibadah puasanya di sini. Selain itu, waktu bukanya pun lebih pendek dua jam daripada di Saudi.

Indonesia menjadi tempat favorit wisata orang-orang Arab selama bulan Ramadhan karena mempunyai banyak daerah wisata beriklim sejuk dan dinging, sehingga cukup nyaman menjalankan ibadah puasa di sini. Bahkan banyak dari mereka yang segaja berkunjung ke daerah berhawa dingin seperti di Puncak, Bogor.

“Mereka mengutamakan tinggal di Indonesia terutama di daerah-daerah yang dingin seperti di Puncak Bogor,” imbuhnya.

Saat ini, imbuh Mustafa, memang tidak banyak warga Arab Saudi yang menetap di Indonesia. Namun jumlah warga yang datang ke Indonesia selama Ramadan jauh meningkat. “Kebanyakan mereka untuk wisatawan,” kata Mustafa.

Selain Puncak Bogor, daerah-daerah tujuan wisata seperti Bali dan Lombok juga diminati para wisatawan asal Arab Saudi, terutama di bulan-bulan selain bulan Ramadan.

“Ada yang ke Puncak, ada yang mengutamakan tempat-tempat yang dingin. Tapi ada yang ke Lombok, karena di sana tempat-tempatnya menarik.”

Saat ini banyak wisatawan Arab yang berkunjung ke Indonesia lantaran telah ada penerbangan dari Doha, Qatar dan Abu Dhabi langsung ke Bali.

“Warga Teluk banyak yang berkunjung ke Indonesia karena ada penerbangan langsung dari Doha ke Bali, atau Abu Dhabi-Bali,” ujarnya.

Dia menambahkan, tak cuma berwisata, banyak juga warga Arab Saudi yang datang ke Indonesia untuk tujuan investasi, khususnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Warga Saudi banyak yang langsung menggunakan dua negara Teluk ini untuk bepergian ke Bali dan Lombok di luar bulan puasa. Banyak juga warga saudi yang investasi ke Lombok di bidang pariwisata dan perhotelan,” ungkap Mustafa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin buka puasa lebih cepat, warga Arab berbondong-bondong ke Indonesia"

Posting Komentar