Dementor, mahluk mengerikan yang ada di dunia nyata

Dalam cerita fiksi "Harry Potter", JK Rowling menggambarkan Dementor sebagai mahluk menyeramkan yang bertugas sebagai penjaga bayangan di penjara Azkaban. Mahluk ini digambarkan setinggi manusia dewasa namun dengan tampang yang mengerikan, berkerudung, tanpa mata dengan tangan hijau yang terlihat menyeramkan. Selain itu, mahluk ini pun memiliki kemampuan menyedot jiwa mahluk hidup. 


Tapi apakah anda tahu kalau Dementor dengan kemampuannya yang mengerikan itu ternyata ada juga di dunia nyata. Namun sosoknya tidaklah mengerikan sebagaimana yang digambarkan Rowling. Dementor dari alam nyata ini berbentuk tawon yang berhabitat di sepanjang Sungai Mekong yang melintasi Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar.


ampulex dementor
Ampulex dementor yang bereproduksi secara mengerikan | Kredit: Michael Ohl / Museum fur Naturkunde
 
Namun Dementor bukanlah tawon biasa, karena serangga ini memiliki kemampuan yang hampir sama sebagaimana si penjaga Azkaban itu. Serangga dengan nama latin Ampulex  dementor ini memiliki bisa yang jika disuntikkan akan membuat mangsanya berubah menjadi mayat hidup atau zombie. 


Penyebutan nama Ampulex Dementor kepada spesies tawon ini dipilih berdasarkan hasil voting publik yang dilaksanakan oleh Stefanie Krause bersama timnya di Museum Sejarah Alam yang berada di Berlin. 


Tawon Dementor ini memiliki tubuh berwarna merah dan hitam, dan termasuk salah satu dari lebih 200 spesies tawon yang bereproduksi dengan cara memanfaatkan serangga lain terutama kecoa sebagai host-nya.  


Seperti dalam film 'Alien", tawon ini bereproduksi dengan cara yang mengerikan, tawon betina akan mendarat di atas seekor kecoa lalu menggunakan sengatnya untuk menyuntikkan neurotoksin langsung ke kepala kecoa. Dalam keadaan demikian, si kecoa akan berubah menjadi zombie yang patuh dan akan mengikuti si tawon kembali ke liangnya. Di sanalah si tawon akan meletakkan telurnya di dalam tubuh kecoa. 


Selama hidup menjadi zombie itulah, si kecoa menginkubasi telur tawon sampai menetas. Larva dari tawon yang sudah menetas itu kemudian akan memakan kecoa dari dalam sampai mereka cukup dewasa dan mampu terbang sendiri. 


 
tawon dementor
Tawon Dementor | sumber: Wikipedia


Para peneliti dari WWF juga telah menemukan 139 spesies baru hewan dan tumbuhan di sepanjang Sungai Mekong. "Selain memberi manfaat bagi jutaan orang, ekosistem di Sungai Mekong menjadi harta karun berharga bagi keanekaragaman hayati," ujar Teak Seng, Direktur Konservasi Mekong, WWF seperti dikutip dari Livescience


Para ilmuwan juga mencatat, sekitar 18.000 spesies telah dideskripsikan setiap tahunnya. Para peneliti pun sering memilih nama-nama spesies baru sesuai permintaan sponsor atau orang lain yang telah memberikan kontribusi untuk penelitian. 


Cara lain adalah melibatkan masyarakat untuk memberikan nama, sehingga menciptakan ikatan antara pemilih dan spesies baru tersebut yang memungkinkan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian spesies-spesies tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dementor, mahluk mengerikan yang ada di dunia nyata"

Posting Komentar