Delapan manfaat beras yang tidak pernah anda bayangkan

Sebagai makanan pokok terpenting, beras dimanfaatkan untuk diolah menjadi nasi. Selain itu, beras juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka macam penganan dan kue. Namun manfaat beras ternyata lebih dari sekedar makanan saja, karena ada delapan manfaat lain yang tidak pernah anda bayangkan.

1. Menyelamatkan barang elektronik yang basah kena air 


Menyelamatkan barang elektronik yang basah kena air
 
Apa yang akan anda lakukan ketika barang elektronik seperti handphone basah terkena air? Sebelum membawanya ke tukang servis, ada baiknya melakukan tips berikut yaitu memanfaatkan beras untuk mengeringkannya. 
Matikan handphone lalu cabut batere dan kartu simnya. Kemudian simpan di dalam wadah yang berisi beras selama lebih dari 24 jam.
 

2. Beras untuk atasi pegal-pegal
 

Beras bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa pegal dan kram pada bagian tubuh. Masukkan saja beras ke dalam kaos kaki lalu simpan di microwave selama 30 detik. Beras akan menyimpan panas selama beberapa menit, dan selama itu anda bisa meletakkan kaos kaki yang berisi beras panas itu ke bagian tubuh yang pegal atau kram. 

atasi pegal-pegal


Anda pun bisa membuat sendiri bantal pemanas seperti dalam gambar dengan menggunakan kain yang anda inginkan. 


3. Beras untuk mencegah karat 


mencegah karat

Ruangan atau tempat penyimpanan yang lembab bisa membuat barang-barang yang terbuat dari logam atau besi mudah mengalami karat. Agar barang-barang tersebut bisa tahan lama dan tidak mudah berkarat, anda bisa memanfaatkan beras untuk mengawetkannya. 

4. Beras untuk mengecek suhu minyak goreng 


Ketika sedang memasak, terkadang kita tidak tahu seberapa panaskah minyak goreng yang kita masak tersebut. Dengan memanfaatkan beberapa butiran beras, anda bisa tahu kapan minyak goreng memiliki panas yang cukup sehingga bisa langsung digunakan untuk memasak. 


mengecek suhu minyak goreng

Masukkan saja beberapa butir beras ke dalam minyak goreng yang digunakan, jika beras tersebut mulai mengapung, itu artinya minyak goreng telah cukup panas untuk memasak.  


5. Membersihkan grinder kopi 


Grinder kopi atau mesin penggiling biji kopi jika sudah lama digunakan akan menyimpan kotoran-kotoran sisa kopi di bagian penggilingnya. Untuk membuatnya menjadi bersih kembali anda cukup menggunakan beras.  

Membersihkan grinder kopi

Masukkan beras secukupnya ke mesin grinder kopi tersebut lalu giling beras hingga menjadi bubuk. Setelah itu buka dan bersihkan bubuk beras yang menempel dengan menggunakan kuas, dalam sekejap mesin grinder kopi anda sudah bersih mengkilap. 


6. Membersihkan botol atau teko air 


Jika tidak punya sikat khusus untuk membersikan botol atau teko, sekali lagi anda bisa memanfaatkan beras untuk membersihkannya.  Masukkan bebearpa sendok beras ke dalam botol atau teko tersebut, setelah itu masukan sedikit sabun cuci lalu tambahkan air hangat ke dalamnya.  Bersihkan bagian dalam teko atau botol tersebut dengan cara menggoyang-goyang botolnya sampai beras berputar-putar di dalamnya.  


Membersihkan botol atau teko air

Bersihkan dengan air bersih, dan botol atau teko itu pun sudah dalam kondisi seperti baru dan siap untuk digunakan. 


7. Sebagai tempat penyimpanan pisau yang aman



tempat penyimpanan pisau yang aman

Khawatir dengan pisau-pisau anda di dapur? maka beras bisa jadi solusinya. Tuangkan beras dalam wadah khusus lalu simpan saja pisau-pisau anda di dalamnya. Selain membuat dapur jadi lebih rapih, pisau juga terhindar dari karat dan kotoran yang menempel. 


8. Untuk aroma terapi yang lebih tahan lama 


Biasanya ketika kita mennyemprotkan parfum penyegar udara atau aroma terapi maka wanginya tidak akan bisa bertahan lama. Tapi dengan memanfaatkan beras, aroma wangi tersebut akan jadi lebih tahan lama.  


aroma terapi yang lebih tahan lama


Caranya dengan memasukkan beras ke dalam sebuah gelas, setelah itu tuangkan cairan parfum atau aroma terapi ke dalamnya lalu daduk-aduk dengan menggunakan sendok. Setelah itu simpan di tempat yang anda inginkan. Sangat cocok digunakan di ruangan yang tidak terlalu luas seperti kamar mandi atau kamar tidur. 


Itulah Delapan manfaat beras yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. 


Sumber: Instructables





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Delapan manfaat beras yang tidak pernah anda bayangkan"

Posting Komentar