Bom sisa peninggalan perang ini dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari

Perang Vietnam yang terjadi antara tahun 1964 - 1973 telah menyisakan banyak bom-bom aktif yang bisa membahayakan penduduk sekitar. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, bom-bom tersebut telah banyak mencelakakan para penduduk terutama anak-anak. Meski begitu, sebagian besar bom-bom sisa peninggalan perang Vietnam itu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari.

bom sisa perang

Perang vietnam memang telah berakhir, sejak masa perang tersebut militer Amerika Serika telah menjatuhkan ebih dari 2 juta bom di negara tersebut, terutama di Laos. Selama perang berlangsung, Laos telah mendapatkan lebih dari 580.000 misi pengeboman, namun tidak semua bom-bom itu meledak dan sisa peninggalannya itu lah yang kini dimanfaatkan oleh penduduk setempat. 


Tidak sedikit penduduk sekitar yang beralih profesi dari petani menjadi pengumpul bom-bom yang gagal meledak tersebut untuk kemudian menjual bagian-bagiannya terutama besi tua dan bahan peledaknya ke para pengepul. Pekerjaan ini memang sangat penuh resiko, karena tak sedikit penduduk yang menjadi korban setelah membuka bagian demi bagian dari bom tersebut. 

Selain dijual dalam bentuk besi tua dan mesiu, bom-bom yang telah dinonaktifkan ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari seperti menjadi perahu, pengganti tiang rumah, pot-pot tanaman, dan sebagainya.   

Bom yang dibuat menjadi perahu

Hiasan untuk rumah

Bom yang dibuat menjadi pot tanaman

Bom menjadi pengganti tiang-tiang kayu yang mudah lapuk

Bisa dimanfaatkan sebagai ember atau peralatan rumah tangga lainnya

Jadi lonceng untuk hewan-hewan ternak

Penyangga rumah

Bom-bom sisa peninggalan perang

Perahu dengan memanfaatkan selongsong bom

Sumber: Amusing Planet
Photo credit: Mark Watson

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bom sisa peninggalan perang ini dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari"

Posting Komentar