lima kebiasaan buruk yang membuat flashdisk cepat rusak

Sebagai media penyimpanan yang portabel, flashdisk menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam menunjang produktivitas. Meskipun di era sekarang ini teknologi cloud dan internet telah memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data-datanya secara online, namun flashdisk tetap mempunyai tempatnya sendiri.  
lima kebiasaan buruk yang bisa mengurangi umur flashdik
Secara umum flashdisk adalah perangkat elektronik yang dikenal tahan lama dan cukup awet, namun faktor pemakaiannya lah yang membuat flashdisk menjadi mudah rusak. Berikut lima kebiasaan buruk yang membuat flashdisk cepat rusak

1. Kebiasaan mencabut flashdisk sembarangan

Dalam setiap sistem operasi dari perangkat komputer atau laptop, ketika flashdisk dicolokkan ke slot USB maka sistem akan mengenalinya sebagai media penyimpanan dan akan memberikan memory cache agat proses penulisan dan pengambilan data bisa berlangsung lebih cepat.
Jika mencabut flashdisk secara sembarangan tanpa menghentikan dahulu proses cache sistem melalui "Safety Remove Hardware" yang ada di system tray maka besar kemungkinan flashdisk akan cepat rusak. Begitu juga ketika flashdisk sedang digunakan untuk menyalin file misalnya maka resiko yang muncul adalah file menjadi korup dan flashdisk pun akan menjadi tidak terbaca oleh system. 


2. Kebiasaan menyimpan flashdisk


Menyimpan flashdisk di tempat-tempat yang mengandung medan magnet seperti di atas televisi, dekat hape, di atas cpu terutama dekat sumber powernya (power suply) untuk waktu yang sangat lama bisa mengakibatkan flashdisk cepat rusak. 


Begitu juga dengan menyimpan flashdisk yang di tempat yang dekat dengan sumber panas seperti kompor yang menyala, terpapar cahaya matahari terus menerus, dekat sumber lampu, atau dibiarkan berada di slot USB dari PC atau laptop meski tidak digunakan, akan menjadikan flashdisk cepat rusak yang akhirnya tidak bisa digunakan. 


3. Flashdisk sering jatuh. 


Flashdisk yang sering terjatuh atau mengalami guncangan juga memiliki resiko kerusakkan yang cukup besar, sehingga flashdisk tersebut tidak bisa digunakan.  Begitu pula jika flashdisk terjatuh ke dalam genangan air. 


4. Copy paste dalam jumlah banyak


Hindari melakukan copy paste file dalam jumlah yang sangat banyak, karena hal ini akan membuat flashdisk cepat panas. Jika flashdisk mengalami overheating maka akibatnya adalah file akan gagal dicopy lantaran flashdisk yang rusak. Kalaupun ingin melakukan copy paste pada ratusan atau ribuan file, maka lakukan dengan cara yang wajar saja meskipun harus dilalui dalam waktu yang cukup lama. 


5. Terkena virus 
 
Flashdisk yang sering digunakan pada beberapa komputer sangat rentan terkena virus Virus tersebut selain membuat kinerja komputer atau laptop menjadi berkurang, juga akan membuat flashdisk cepat rusak karena memory penggunaan yang terlalu tinggi yang mengakibatkan flashdisk mudah overheating. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk selalu melakukan scanning terhadap flashdisk dalam rangka pencegahan dan pembersihan dari virus-virus yang kemungkinan terdapat di dalamnya, terutama setelah digunakan pada komputer yang berbeda-beda. 


Itulah lima kebiasaan buruk yang membuat flashdisk cepat rusak. 


Semoga manfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "lima kebiasaan buruk yang membuat flashdisk cepat rusak"

Posting Komentar