Uniknya ritual memandikan bayi dengan kotoran sapi di India

Dalam pandangan masyarakat kita, kotoran sapi bisa dimanfaatkan menjadi pupuk yang penuh nutrisi untuk menyuburkan tanaman. 

Namun di India, kotoran sapi yang kotor itu ternyata sering dimanfaatkan untuk satu hal yang tak pernah kita duga yaitu untuk memandikan bayi!.

Ritual memandikan bayi dengan kotoran sapi di India ini biasa dilakukan oleh para orangtua di desa Betul, Madhya Pradesh. 



Budaya yang berlangsung turun-temurun itu adalah menceburkan bayi-bayi mereka ke dalam genangan yang berisi kotoran sapi yang sangat bau. 

ritual memandikan bayi dengan kotoran sapi di India

Dikutip dari Mirror, ritual tersebut diyakini bisa menjaga anak-anak mereka dari penyakit dan marabahaya, juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi keluarga sang bayi. Ritual unik tersebut biasanya dilakukan satu hari setelah upacara Diwali, sebuah upacara terbesar masyarakat Hindu di India. 


Sebelum melakukan ritual tersebut, beberapa minggu sebelumnya para warga akan berbondong-bondong mengumpulkan kotoran sapi lalu menumpuknya di satu tempat. Menjelang pagi hari di hari ritual tersebut akan dilakukan, mereka lalu akan berdoa pada desa-dewa Hindu lalu mulai menjelang senja hari, mereka mulai menceburkan anak-anak mereka ke dalam kubangan kotoran sapi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Ritual tersebut akan berlangsung sampai waktu fajar atau setelah seluruh anak-anak di desa dimandikan. 


Selama ratusan tahun, banyak warga yang percaya bahwa 'kemurnian' kotoran sapi bisa membawa keberuntungan bagi anak-anak mereka. Di India, mayoritas penduduknya beragama Hindu, dan hewan sapi dianggap sebagai salah satu binatang paling suci yang dipuja dan disembah dengan khidmat. 


Bahkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan Quora menyebutkan bahwa pada masa India kuno, kotoran dan kencing sapi dianggap sebagai desinfektan yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah. Dengan demikian, sapi dianggap telah menyediakan makanan, bahan bakar,desinfektan dan juga pupuk untuk semua orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Uniknya ritual memandikan bayi dengan kotoran sapi di India"

Posting Komentar