Inilah perintah pertama Sukarno setelah menjadi Presiden Indonesia

18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau disingkat PPKI secara aklamasi telah mengangkat Ir. Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama. Tapi, tahukah anda apa perintah pertama yang dikeluarkan oleh Presiden baru itu? Alih-alih mengeluarkan perintah penting seperti membentuk kabinet atau memerintahkan mobilisasi untuk perang, perintah pertama Presiden Sukarno justru tidak berkaitan dengan masalah politik.  





Ceritanya gini, setelah menjalani pengangkatannya sebagai Presiden Republik Indonesia kesatu tersebut, Bung Karno pulang dengan berjalan kaki.Di tengah perjalanan menuju rumah kediamannya, si Bung ini berpapasan dengan seorang tukang sate. 

Mendadak pula perutnya merasa keroncongan, dan tanpa berfikir banyak langsung menghentikan langkah tukang sate yang bertelanjang dada dan nyeker alias tidak mengenakan alas kaki atau sandal.  

"Sate ayam lima puluh tusuk!." perintahnya pada tukang sate. 

Setelah sate selesai disajikan, bersama para pejabat lainnya yang ikut dalam rombongannya, Bung Karno makan sate tesebut dengan lahap sambil jongkok dekat sebuah selokan yang kotor. Nah, itulah perintah pertama yang dikeluarkan oleh Presiden Sukarno pada rakyatnya, sekaligus juga sebagai pesta pertama atas pengangkatannya sebagai pemimpin tertinggi di Republik Indonesia yang saat itu baru berusia satu hari. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah perintah pertama Sukarno setelah menjadi Presiden Indonesia"

Posting Komentar