Sun. Oct 17th, 2021
Agar Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Diet Lebih Optimal, Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Salah satu manfaat kopi hitam tanpa gula adalah cocok untuk diet menurunkan berat badan yang kamu lakukan. Para ahli gizi menyebut jika kopi bisa menurunkan berat badan karena sifatnya yang mendorong metabolisme tubuh.

Kopi yang diminum rutin setiap hari bisa membantu menaikkan tingkat metabolik dengan cara merangsang thermogenesis yang digunakan untuk membantu membakar lemak.

Tak hanya itu, kopi hitam juga mengandung asam Chlorogenic yang memperlambat penyerapan karbohidrat serta memecah lemak. Namun bukan berarti minum banyak kopi hitam di pagi hari membuat berat badan terpangkas.

Disarankan minum kopi hitam setidaknya satu hingga 2 cangkir kopi setiap pagi hari. Ada beberapa hal agar program diet yang kamu lakukan makin optimal, berikut beberapa hal yang kami maksud :

1. Jenis biji kopi terbaik

Asam Chlorogenic sifatnya lemah pada panas. Karena itu, jika ingin berat badan cepat turun, silahkan pilih biji yang diolah memakai teknik ‘light roast,’ bukannya ‘dark roast.’ Pengolahan ‘light roast’ membuat biji kopi tidak mudah menerima panas.

Tak hanya itu, kopi instan jika dibanding kopi tetes (drip coffee) juga mengandung lebih rendah kafein dan asam Chlorogenic. Artinya kopi tetes lebih disarankan untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

2. Teknik penyajian kopi

Es kopi sangat nikmat, terlebih jika disajikan di kondisi cuaca panas. Namun kopi lebih bagus jika dinikmati dalam kondisi masih panas. Di kondisi tersebut, tubuh lebih gampang menyerap bahan aktif yang tersimpan di dalam kopi.

Tak hanya itu, disarankan menyeduh kopi dengan susu yang tidak terlalu panas. Hal tersebut agar kandungan asam Chlorogenic pada kopi tidak terlalu banyak hilang saat dikonsumsi.

3. Pastikan konsumsi kopi hitam murni

Untuk program diet terbaik, coba menikmati kopi hitam tanpa tambahan gula. Tujuannya agar berat badan tidak naik jika dikonsumsi rutin. Menambah gula ke secangkir kopi membuat jumlah kalori pada kopi juga naik.

Jumlahnya sekitar 20 kalori setiap sendok teh gula yang kamu tambahkan ke secangkir kopi. Bagi yang suka dengan kopi instan, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan nutrisinya.

Pastikan jangan membeli kopi instan yang diberi tambahan pemanis buatan karena menambah asupan kalori dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut membuat berat badan bisa naik drastis.

4. Minum kopi secukupnya

Ketika sedang diet, pilihan paling bagus adalah menikmati kopi secukupnya. Gunakan cangkir yang kecil dan beri jeda kopi 3 hingga 4 jam jika mau konsumsi kopi hitam lagi.

Tidak disarankan minum kopi hitam lebih dari 5 cangkir setiap hari. Jika terlalu berlebihan biasanya membuat seseorang susah tidur dan bagian perut tidak enak.

Manfaat kopi hitam tanpa gula untuk program diet memang sangat bagus. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya diet yang kamu jalankan makin optimal.

By admin