Mon. Aug 8th, 2022
Ini Dia 5 Jenis Kopi Espresso Based yang Harus Kamu Tahu!

Jika kamu termasuk salah satu pecinta kopi, kamu pastinya sudah sering mendengar nama-nama seperti macchiato, Americano, Cappuccino, Latte, atau yang lainnya.

Berbeda dengan kamu yang tidak terlalu mengenal dunia kopi, alangkah baiknya kamu kenali terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan saat memesan di café atau coffee shop.

Artikel kali ini akan membahas tentang berbagai jenis kopi espresso based yang bisa kamu temukan di coffee shop. Jadi untuk kalian yang penasaran, yuk dibaca sampai habis.

Jenis Kopi Espresso Based

Sebelumnya, tahukah kamu apa itu espresso based? Kata “Espresso based” ini mungkin pernah kamu temukan pada menu yang ada di sejumlah kafe Indonesia. Espresso based merupakan semua jenis kopi / minuman yang menggunakan kopi espresso sebagai base / bahan dasarnya.

Nah, sementara espresso sendiri merupakan salah satu jenis kopi yang diseduh menggunakan mesin khusus, yakni mesin espresso. Mesin tersebut mampu menghasilkan ekstrak kopi dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Hasil dari mesin tersebut yaitu espresso yang kental dan baunya tajam.

Lantas apa sajakah jenis kopi yang dibuat dari espresso? Berikut merupakan 5 jenis racikan espresso based yang bisa kamu pesan di coffee shop dekat rumahmu.

Short Macchiato

Short macchiato merupakan jenis kopi yang dibuat dari espresso dan sedikit susu panas serta busa susu. Rasa dari short Macchiato hampir mirip dengan espresso murni. Hanya saja penambahan susu dan busa susu membuat rasanya tidak sekuat espresso.

Americano Coffee

Yang pertama yaitu kopi Americano, yakni kombinasi antara espresso dan air panas. Espresso based yang satu ini termasuk jenis kopi yang pembuatannya sangat simple, cukup dengan mencampurkan air dan espresso.

Perbandingan antara espresso dan air panas adalah 1:2. Misal kamu ingin membuat 150ml kopi Americano, maka kamu harus mencampurkan 50ml espresso dengan 100ml air panas.

Latte

Beralih dari kopi hitam, Latte merupakan minuman berbasis espresso yang menggunakan susu sebagai bahan tambahannya.

Karena termasuk kopi susu, Latte memiliki rasa yang jauh lebih manis dibandingkan dengan kopi espresso. Racikan untuk membuat Latte biasanya terdiri dari satu shot espresso, susu panas, dan busa susu sekitar 1cm di atasnya.

Cappuccino

Tak jauh berbeda dengan Latte, Cappuccino juga termasuk kopi susu yang menggunakan espresso sebagai base nya. Bahan yang digunakan untuk membuat cappuccino sama persis dengan Latte.

Perbedaan keduanya hanya terletak pada takaran, yang mana busa susu pada Cappuccino biasanya lebih banyak daripada Latte. Ya, busa susu yang ada di atas Cappuccino biasanya setebal 3cm.

Flat White

Lanjut, kamu juga bisa memesan kopi espresso based jenis flat white. Komposisi yang digunakan untuk membuat flat wahite hanya dua, yakni espresso dan susu panas.

Untuk membuat ;Flat white, kamu cukup mencampurkan satu shot espresso dengan susu panas, tanpa perlu menambahkan busa susu seperti pada Latte atau Cappuccino.

By admin