Sat. Jan 15th, 2022
Kenapa Raize Perlu Perawatan Rutin Ini 5 Alasannya

Memiliki mobil baru, bukan berarti tidak perlu melakukan perawatan rutin. Termasuk ketika Anda punya Toyota Raize, si SUV mini dengan kemampuan maksimal di jalanan offroad. Tak sedikit orang mengabaikan servis rutin tersebut, padahal akan sangat merugikan untuk jangka panjang.

Ada perhitungan servis rutin mobil berbagai kategori, pada dasarnya hampir sama untuk semua kendaraan termasuk SUV seperti mobil produksi Toyota Jepang ini. Biasanya, informasi jadwal perawatan akan diberikan ketika baru membeli kendaraan tersebut.

5 Alasan Raize Perlu Perawatan Rutin

Tujuh alasan ini, bisa membuat Anda lebih peduli terhadap jadwal perawatan mobil. Paling tidak bisa mengurangi rasa malas untuk antri di tempat servis, atau meminimalisir keengganan menggelontorkan uang tambahan untuk menjaga kenyamanan mengemudi kendaraan roda empat kesayangan tersebut.

  • Performa Lebih Mumpuni

Dengan perawatan rutin yang dilakukan, kemampuan kendaraan melaju di medan lurus, berliku hingga offroad akan lebih maksimal. Hal itu disebabkan, setiap komponen tersedia pada mesin hingga rangka berada pada kondisi terbaiknya.

Setiap kali servis, teknisi akan melakukan pengecekan kondisi komponen. Jika ada yang harus diganti maka perlu dilakukan penggantian, alhasil selama menggunakan mobil tersebut komponen akan mampu memberikan kontribusi terbaiknya.

  • Hemat Bahan Bakar

Mobil seperti kembaran Rocky ini, memang dikenal cukup hemat bahan bakar selama digunakan secara normal pada kondisi jalanan tidak terlalu terjal. Tapi, akan lebih hemat lagi jika perawatannya dilakukan berkala sesuai jarak tempuh sudah dilalui.

Dengan melakukan servis tersebut, mobil akan memiliki komponen yang tidak perlu membuat mesin bekerja ekstra. Sebab, ketika mesin bekerja maksimal bahkan melebihi kapasitasnya otomatis penggunaan bahan bakar juga akan semakin banyak.

  • Umur Mobil Lebih Lama

Setiap melakukan servis, mobil akan dicek kondisinya. Apakah masih aman sampai jadwal servis berikutnya atau butuh penggantian komponen atau perbaikan bagian  rusak. Selama itu dilakukan dengan rutin, maka akan sangat berpengaruh pada umur mesin.

Alasan utamanya, tidak ada komponen bermasalah dalam waktu lama yang akan mempengaruhi performa SUV car tersebut.

  • Minimalisir Biaya Tambahan

Kenapa bisa begitu? Ketika Anda membiarkan mobil dalam kondisi tetap sehat dan masih saja digunakan. Otomatis suatu saat dapat terjadi dimana ada bagian rusak dan perlu biaya ekstra untuk memperbaikinya.

Bisa saja, ketika itu terjadi ternyata uang di kantong tidak mencukupi untuk melakukan perbaikan sehingga ujung-ujungnya Anda meminjam kepada orang lain.

Beda kondisinya ketika Anda rutin melakukan servis, dimana nantinya semua bagian mobil akan selalu dalam kondisi sehat. Tak perlu biaya tambahan dan tak terduga hanya karena ada bagian rusak. Sebab kalkulasi pengeluaran sudah terjadwal sesuai jadwal perawatannya.

  • Meminimalisir Polusi

Percaya atau tidak, ketika mobil dalam kondisi baik maka gas buang yang dihasilkannya melalui knalpot akan sangat minim. Beda dengan mobil Raize yang jarang perawatan, menyebabkan komponen rusak dan berdampak pada penggunaan banyak bahan bakar. Kemudian berakhir pada jumlah emisi gas buang berbahaya juga semakin banyak.

Kenali Dulu Tanda Toyota Raize Perlu Servis

Banyak hal yang akan menjadi tanda, bahwa mobil Anda perlu segera mendapatkan perawatan rutin. Pertama, coba cek jumlah oli menggunakan alat tersedia. Kalau jumlahnya sudah di bawah garis normal maka servis wajib dilakukan karena jumlah oli pada mobil tidak akan mampu memaksimalkan performa mobil seperti biasa.

Kedua, coba rasakan kenyamanan saat berkendara. Apakah ada rasa tidak nyaman, baik itu pada stir, rem, maupun saat melewati tanjakan. Kalau feeling Anda mengatakan, bahwa ada yang tidak beres pada produk mobil berkapasitas lima tersebut. Artinya, akan lebih baik meminta teknisi handal untuk melakukan pengecekan.

Ketiga, coba cek jumlah gas buang hasil pembakaran pada komponen mesin. Kalau jumlahnya masih normal dan tidak menyebabkan kabut asap yang mengganggu, artinya mobil masih fine-fine saja. Namun, jika jumlah asap yang keluar berlebihan dan warnanya cenderung menghitam.

Alangkah baiknya Anda segera melakukan perawatan sebab ada hal buruk sedang terjadi pada salah satu komponen mesinnya.

Demikianlah hal yang perlu disimak, jika Anda adalah salah satu pemilik Raize populer saat ini. Cobalah mulai sekarang, untuk melakukan perawatan mobil supaya usianya bisa lebih lama dari biasa.

By admin