Sat. Oct 16th, 2021
5 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Manusia sebagian besar tersusun oleh air, jadi masuk akal bahwa apapun yang keluar, harus masuk kembali agar Anda tetap terhidrasi dengan baik dan teratur. Sementara setiap tubuh memiliki kebutuhannya sendiri, konsensus umum adalah bahwa Anda harus minum setidaknya delapan gelas air per hari. Apa manfaat banyak minum air putih lainnya? Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi Asupan Kalori

Karena air bebas dari segalanya, termasuk kalori, ini terkait dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan gula tambahan dibandingkan dengan apa yang akan Anda konsumsi jika Anda memilih soda manis daripada air. Air benar-benar merupakan cara terbaik untuk menghidrasi, tetapi ada minuman lain yang baik untuk hidrasi juga, dan beberapa tidak begitu baik.

2. Pemulihan dari Latihan

Minum air saat berolahraga sangat penting untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan cairan yang hilang dari keringat, tetapi minum setelah berolahraga sama pentingnya untuk rehidrasi. Ini mungkin menggoda, tetapi jangan memilih minuman berkafein yang tidak efektif untuk hidrasi.

3. Membantu Pencernaan

Manfaat banyak minum air putih selanjutnya adalah untuk memperlancar pencernaan. Makanan yang dicerna dengan baik akan membuat Anda merasa nyaman, yang merupakan kuncinya terutama jika Anda berolahraga secara teratur. Mendapatkan cukup air sangat penting untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

4. Meningkatkan Metabolisme

Minum air juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda. Sebuah studi di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa minum sekitar 0,50 liter air meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 30 persen pada pria dan wanita sehat. Masalah utama yang terjadi saat mengalami dehidrasi adalah metabolisme tubuh yang menurun.

5. Meningkatkan Massa Otot Anda

Air membuat otot Anda sehat dan kuat, serta aman dari robekan dan tarikan, yang tidak menyenangkan. Air membantu mengangkut nutrisi ke otot untuk bahan bakar, diperlukan untuk menggerakkan dan melenturkan otot dan membantu mencegah kram. Bahkan sedikit dehidrasi dapat mengakibatkan penurunan kekuatan otot.

6. Membantu Diet

Beberapa orang yang mengalami dehidrasi akan memunculkan rasa lapar, jadi kemungkinan Anda tidak akan mendambakan banyak makanan jika Anda lebih sering minum air. Air bukanlah pengganti camilan dan makanan sehat, tetapi mungkin dapat membantu Anda menghindari junk food yang tidak perlu.

7. Membuang Racun

Air mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan memungkinkan ginjal Anda berfungsi dengan baik dengan menghilangkan racun dan limbah dari cairan tubuh. Selain itu memungkinkan tubuh Anda untuk membersihkan semuanya tanpa masalah.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang manfaat banyak minum air putih tiap hari. Jadi mulai sekarang, jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi, karena hal tersebut akan memicu berbagai macam masalah kesehatan.

By admin