Sat. Oct 16th, 2021
Mengenal 2 Fungsi Utama Dari Pankreas

Dalam proses pencernaan, terdapat berbagai organ dengan peranannya masing-masing. Salah satu organ dengan peran sangat besar dalam proses tersebut tentu adalah Pankreas. Organ ini berada di bagian belakan perut kita. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat produksi cairan enzim. Enzim tersebut nantinya bisa bermanfaat untuk memecah pati, lemak, serta gula dalam tubuh kita.

Tidak hanya enzim saja, organ ini juga dapat membatu proses pencernaan dengan menghasilkan hormon. Hormon tersebut mempunyai fungsi penting dalam mengatur nafsu makan, kadar gula darah, stimulasi asam lambung, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih mengenal lagi tentang organ ini, Anda dapat simak informasi yang ada di bawah ini.

Mengenal Fungsi Pankreas

  1. Fungsi Eksokrin

Pancreas mempunyai kandungan berupa kelenjar eksokrin yang bisa memproduksi enzim bagi pencernaan. Beberapa jenis enzim tersebut antara lain adalah kimotripsin dan juga tripsin. Kedua enzim tersebut mempunyai fungsi penting dalam mencerna lipase beserta karbohidrat. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi lengkap dari enzim-enzim yang dihasilkan.

  • Fungsi dari Amilase adalah untuk memecah pati jadi gula. Hal ini kaitannya sangat erat dengan proses menghasilkan energi. Apabila amilase kurang, seseorang bisa menderita diare karena karbohidrat gagal dicerna dengan baik.
  • Lipase bekerja sama dengan cairan empedu untuk memecah lemak dari makanan yang kita makan. Pada saat lipase jumlahnya tidak mencukupi, maka akan terjadi kesulitan dalam proses penyerapan vitamin dan lemak.
  • Fungsi dari Enzim ini adalah untuk memecah protein serta membantu menjaga pencernaan dari berbagai kuman. Protein yang gagal dicerna bisa membuat reaksi alergi muncul.

Pada saat makanan masuk ke dalam perut kita, cairan dari pancreas akan dikeluarkan ke Duktus. Kemudian, Duktus akan bergabung bersama saluran empedu untuk kemudian membentuk ampula vater di duodenum. Cairan yang dihasilkan di duodenum tersebut nantinya berfungsi membantu proses pencernaan karbohidrat, protein, dan juga lemak.

  1. Fungsi Endokrin

Selain menghasilkan enzim, komponen Endokrin dari Pancreas juga dapat melepaskan hormon ke darah. Hormon tersebut adalah glukagon dan insulin. Berikut ini adalah fungsi utama dari kedua macam hormon tersebut.

Glukagon. Pada saat gula darah kadarnya sudah sangat rendah, glukagon dapat menolong untuk menaikkannya dengan cara mengirimkan sinyal ke hati agar cadangan gula dilepaskan.

Insulin. Hormon ini mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan kadar gula darah kita. Pada saat insulin jumlahnya kurang, kadar gula bisa meningkat di dalam darah. Hal itu merupakan sebuah pertanda terjadinya penyakit diabetes.

Seperti itulah dua fungsi utama dari Pankreas yang bisa diberikan. Bagaimana? Sudah paham bukan betapa pentingnya organ tersebut bagi kesehatan tubuh kita? Oleh karena itu, agar semua fungsinya berjalan dengan baik, Anda wajib untuk terus menjaga Pancreas dengan baik. Selain itu, Anda juga wajib mencari tahu informasi menarik lain seputar kesehatan di orami.co.id.

By admin