Mon. Aug 8th, 2022
Menyimak Fakta Menarik Dari Kopi Kerinci

Indonesia termasuk salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Bahkan, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki produk kopi istimewa yang menembus pasar internasional. Salah satu kopi yang dimaksud adalah kopi kerinci.

Seperti namanya, kopi ini berasal dari daerah Kerinci, di Pulau Sumatera. Jenis kopi ini masuk dalam salah satu primadona produk lokal yang dipasarkan di Belgia sejak tahun 2017.

Nah, ada beberapa fakta menarik terkait kopi yang satu ini di mana membuatnya sangat terkenal. Apa saja fakta menarik di balik kopi Kerinci ini? Simak ulasannya!

Rasa dan Aroma yang Unik

Rasa dan aroma menjadi daya tarik tersendiri dari setiap biji kopi yang dihasilkan. Dalam hal ini, kopi Kerinci termasuk salah satu kopi yang memiliki rasa serta aroma yang sangat unik. Menurut sebagian penikmat kopi, biji kopi yang berasal dari Kerinci ini memiliki aroma rempah dengan sedikit aroma cokelat.

Tidak hanya itu, rasa kopi Kerinci juga cukup istimewa. Kopi ini memiliki cita rasa cenderung fruity dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi. Di baliknya, juga ada rasa manis alami yang menunjang selera.

Menyandang Predikat Kopi Terbaik

Dalam festival kopi yang diadakan di Jakarta pada tahun 2017 yang lalu, kopi Kerinci berhasil mendapatkan gelar sebagai kopi terbaik se-Indonesia. Hal ini tentu menjadi sebuah pengakuan yang sangat penting dan menjadikan kopi Kerinci sebagai komoditas kopi lokal berkualitas tinggi.

Kopi Kerinci sendiri tidak diproduksi dalam skala yang besar. Rata-rata kuantitas yang dihasilkan setiap bulan hanya sekitar 3 hingga 5 ton saja. Hal inilah yang membuat kopi ini berbeda dengan kopi lainnya, terlebih karena sifatnya yang cenderung limited edition.

Mewakili Indonesia Dalam Festival Internasional

Tidak hanya terkenal sebagai kopi lokal yang istimewa, kopi Kerinci juga mewakili Indonesia dalam ajang festival kopi tingkat internasional. Salah satu festival bergengsi yang pernah diikuti adalah Vienna Coffee Festival yang diadakan di Austria. Keikutsertaan kopi Kerinci membuat jenis kopi ini semakin banyak dikenal.

Menjadi Alat Pembayaran Pesawat Sukhoi

Salah satu fakta menarik dari kopi Kerinci adalah yang cukup mengagetkan adalah kopi ini menjadi salah satu alat pembayaran dalam pembelian pesawat Sukhoi. Hal ini dikarenakan popularitas kopi Kerinci yang sangat terkenal dan tercium hingga ke Rusia. Oleh karenanya, pemerintah menjadikan kopi Kerinci sebagai pelengkap transaksi dalam pembelian Sukhoi SU-35.

Beberapa hal di atas adalah ragam fakta menarik tentang kopi Kerinci. Tentu saja, popularitas yang dimiliki kopi Kerinci menjadi salah satu hal yang membanggakan terutama untuk para petani lokal di Indonesia. Hingga saat ini, kopi Kerinci menjadi salah satu kopi paling laris yang banyak dinikmati oleh para penikmat kopi. Sudah pernah mencoba kopi yang satu ini?

By admin