Sun. Aug 7th, 2022
Pengertian Ramah Lingkungan Beserta Upaya yang Bisa Dilakukan!

Saat ini, permasalahan mengenai pemanasan global sudah bukan sesuatu yang asing. Pemanasan global selalu ramai dibicarakan. Berbagai cara telah dilakukan demi mengurangi pemanasan global, salah satunya dengan menciptakan kaawasan ramah lingkungan.

Tak hanya Kawasan, kini berbagai teknologi pun diupayakan supaya menjadi teknologi yang tidak merusak lingkungan. Sebenarnya, apa pengertian dari ramah lingkungan? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Pengertian Ramah Lingkungan

Bagi kamu yang belum tahu, ramah lingungan atau go green (dalam bahasa Inggris)adalah pemasaran yang mengarah pada produk & jasa, hukum, serta pedoman yang berusaha mengurangi dan bahkan meniadakan bahaya pada ekosistem lingkungan.

Maka dari itu, segala cara yang ditujukan untuk perbaikan ekosistem adalah cara untuk mewujudkan go green tersebut.

Perwujudan go green juga bisa dilakukan dengan merubah gaya hidup. Salah satu contohnya yaitu dengan mengurangi penggunaan kantong plastic. Trend ini didukung oleh kebijakan-kebijakan yang ada. Sekarang ini sudah banyak pusat perbelanjaan yang mengharuskan pelanggan membawa tas belanja masing-masing.

Upaya Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah dikatakan, upaya ramah lingkungan bisa dimulai dengan mengurangi penggunaan plastic. Meski terbilang mudah, sebagian orang masih merasa berat melakukannya.

Masih banyak upaya yang bisa dilakukan demi mewujudkan go green, yuk simak selengkapnya pada poin-poin berikut.

Mendaur Ulang Sampah

Permasalahan sampah memang tak ada habisnya. Sikap konsumtif masyarakat terus meningkat tanpa dibarengi dengan pengelolaan sampah yang baik.

Karena itu, yuk lakukan pengurangan dan daur ulang sampah, baik sampah organic maupun sampah anorganik. Untuk sampah organic, kamu bisa membuat pupuk. Sementara anorganik, mungkin kamu bisa menjadikan botol minuman menjadi tempat pensil, dan lain sebagainya.

Tidak Menggunakan Penerangan yang Berlebihan

Setiap rumah memang memerlukan adanya penerangan. Apabila tidak, rumah mungkin akan terkesan angker, dan kegiatan sehari-hari dapat terganggu. Sayangnya, banyak sekali diantara kamu yang tidak mematikan lampu pada saat siang hari / saat tidak diperlukan. Yuk biasakan hidup disiplin dalam menggunakan lampu.

Menggunakan Kendaraan Umum

Peningkatan emisi gas rumah kaca terbanyak dihasilkan dari listrik, industry, dan transportasi. Meningkatnya emisi karbon bisa merusak lapisan ozon sehingga membuat bumi menjadi lebih panas.

Terkait hal ini, kamu bisa membantu mengurangi emisi karbon dengan menggunakan kendaraan umum. Cobalah untuk tidak selalu menggunakan kendaraan bermotor atau bahkan mobil. Cobalah berjalan kaki untuk sekedar membeli sesuatu di supermarket dekat rumah.

Ikut Menanam Pohon

Salah satu upaya sederhana yang sangat baik untuk ekosistem lingkungan adalah dengan menanam pohon. Pohon memiliki peranan dalam menyerap Karbondioksida yang bisa merusak lapisan ozon.

Dengan menanam pohon, itu berarti kamu ikut menjaga lingkungan dan menyiapkan dunia yang jauh lebih sehat untuk generasi mendatang.

By admin