Sat. Oct 16th, 2021
Penyimpanan Bubuk Minuman Coklat yang Baik dan Benar

Menyukai minuman coklat mungkin membuatmu akhirnya memutuskan untuk membelinya dalam bentuk bubuk. Tentu saja, setelah memakai bubuk tersebut, kamu harus menyimpan dengan baik dan benar agar tidak jadi sarang semut atau hewan lainnya. Menyimpan bubuk minuman coklat ini juga ada aturannya.

Sebab, ada beberapa orang yang sembarangan saja ketika menyimpannya dan berakhir membuat bubuk tersebut terkena kotoran atau menjadi tempat semut sering datang. Nah, bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan bubuk minuman dari coklat ini?

 1. Pakai wadah yang bersih

Bubuk coklat dapat dengan mudah menyerap bau yang ada di sekitarnya, sehingga kamu harus memastikan dulu jika wadah yang akan dipakai harus bersih. Jangan bekas makanan atau sesuatu malah digunakan untuk menyimpan bubuk coklat ini.

Sebab, nantinya cita rasa dari bubuk coklat tidak akan lagi terasa sama. Oleh karenanya, cuci bersih dulu wadah yang akan dipakai sebelum memakainya.

2. Pakai sendok yang telah kering dan bersih

Minuman bubuk gampang sekali menggumpal, jadi kamu harus memastikan dulu kalau sendok yang akan dipakai sudah benar-benar bersih dan kering setelah dicuci. Sendok yang basah hanya akan membuat bubuknya menggumpal dikarenakan oksidasi. Jadi, jangan di lap kering dulu ya!

3. Pakai wadah yang tertutup dan kedap terhadap udara

Berikutnya jangan sampai lupa untuk memakai wadah yang kedap udara atau tertutup rapat. Sebab, jika tutupnya tidak rapat, hal ini akan semakin memicu terjadinya masalah cepat basi terhadap bubuk tersebut. Meskipun jika bubuk tersebut masih sangat lama masa kadaluarsanya.

Khususnya jika bubuk minuman coklat tersebut adalah susu anak-anak, maka jangan asal taruh saja. Setidaknya lipat dulu bagian yang terbuka beberapa kali, kemudian masukkan ke dalam wadah yang bisa tertutup rapat.

4. Simpan di ruang yang kering dan sejuk

Jangan sekali-kali menyimpan bubuk minuman apapun di tempat yang bisa terpapar sinar matahari secara langsung. Juga di tempat yang dekat dengan oven atau bahkan kompor. Sebab, di dekat hal-hal tersebut membuat suhu jadi lebih cepat mengalami peningkatan dan memungkinkan bakteri untuk segera tumbuh.

Kamu juga tidak bisa menyimpan bubuk minuman di tempat-tempat seperti kulkas, karena suhu dinginnya akan membuat bubuk lebih cepat menggumpal. Disarankan agar menyimpan di suhu ruang kurang lebih 13-24 derajat celsius. Kamu bisa menyimpannya di dalam wadah stoples yang mempunyai tutup rapat.

Cara penyimpanan bubuk minuman coklat ini memang sangat mudah, tapi jika tidak diperhatikan dengan baik justru akan membuatnya cepat basi atau membuat kandungan nutrisi di dalamnya jadi terganggu karena masalah tertentu. Jadi, mulai sekarang harus sangat diperhatikan ya, khususnya minuman bubuk yang diperuntukkan bagi anak-anak.

By admin