Fri. Oct 15th, 2021
Tahapan Perkembangan Anak menurut Umur, Berikut Penjelasannya

Pemantauan tahapan perkembangan anak sangat penting untuk lakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah anak tumbuh dengan normal atau tidak. Terdapat beberapa tahapan perkembangan anak menurut umur, yang dibedakan dari usia bayi baru lahir, balita, perkembangan pra sekolah dan tahapan remaja. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tahap Perkembangan Bayi

Pada usia satu hingga 12 bulan terdapat beberapa perubahan atau tanda yang terjadi pada bayi. Di bulan pertamanya, bayi akan menunjukkan gerakkan tertentu, seperti membuka mulut, meregangkan tangan, hingga tersenyum. Kemudian di bulan ketiga hingga enam bulan, bayi mulai bisa menggerakkan kepala dan bermain dengan kaki maupun tangan.

Memasuki bulan ke sembilan hingga dua belas bulan si bayi akan mulai bisa berjalan dengan tumpuan atau merangkak, serta bisa menggunakan telunjuknya untuk menunjuk sesuatu. Bayi juga sudah bisa mengucapkan racauan.

Tahapan Balita

Di tahun pertama hingga tahun ketiga, bayi mulai mengembangkan kemampuan motorik. Misalnya seperti berjalan, melompat atau aktivitas kecil lainnya. Kemudian di tahun-tahun selanjutnya, bayi sudah mulai bisa menggambar, menumpuk balok mainan, hingga berbicara meskipun dengan artikulasi yang kurang jelas.

Tahapan Pra-Sekolah

Pada tahap ini, tentu balita sudah memiliki kemampuan yang sempurna. Mulai dari berlari, berjalan, naik sepeda, hingga menghitung. Peran orang tua pada fase ini sangatlah penting, karena balita akan menyerap semua yang diajarkan oleh orang tua. Sehingga, selalu ajarkan hal-hal baik untuk balita Anda agar bisa tumbuh dan berkembang lebih optimal.

Tahap Perkembangan Usia Sekolah

Tahapan perkembangan anak menurut umur selanjutnya adalah di usia sekolah. Pada usia ini, anak sudah bisa mandiri, bertanggung jawab, dan mampu memecahkan masalah. Tidak hanya orang tua, kondisi lingkungannya juga akan turut serta membangun karakternya, oleh karenanya selalu awasi kondisi lingkungan mereka, seperti teman sekolah, guru dan orang terdekat lainnya.

Sementara itu, untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan anak juga bisa melalui tinggi dan berat badan. Berikut ini adalah tabel perkembangan anak yang didasarkan pada tinggi dan berat anak, menurut  Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI.

Kelompok Usia Berat Badan (Kg) Tinggi Badan (cm)
0 – 5 Bulan 6 60
6 – 11 Bulan 9 72
1 – 3 Tahun 13 92
4 – 6 Tahun 19 113
7 – 9 Tahun 27 130

Sebagai orang tua, dukungan juga sangat penting untuk membantu pertumbuhannya. Mulai dari asupan gizi, memberikan pengetahuan, dan masih banyak lagi. PediaSure juga bisa menjadi dukungan untuk anak dan mencegah terjadinya faltering growth.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang tahapan perkembangan anak menurut umur. Terus dukung pertumbuhan anak dengan PediaSure, karena susu ini memiliki tiga sumber protein, 8 mineral, 12 vitamin, dan AA serta DHA.

By admin