Sat. Oct 16th, 2021
Yuk Kenali Macam – Macam Kopi Nusantara Yang Rasanya Tidak Kalah Dengan Kopi Dunia

Bagi anda yang sangat mencintai kopi tentunya merasakan aneka resep kopi. Nah akan tetapi apakah anda tahu dan mengenal macam – macam dari kopi tersebut? Mengenal macam–macam kopi tentunya akan membantu anda dalam memesan kopi mana yang sesuai dengan selera anda. Setiap negara tentunya mempunyai jenis kopi yang berbeda dengan cita rasa yang berbeda pula. Hal ini karena tanah dan ketinggian yang digunakan dalam menanam kopi juga berbeda. Begitu pula di Indonesia, ia mempunyai kopi yang khas dari tiap – tiap daerah.

Kopi toraja

Kopi toraja merupakan kopi yang berasal dari Sulawesi selatan. Kopi ini dianggap sebagai salah satu minuman yang premium karena rasa khas yang dimiliki. Rasa yang khas ini dikarenakan sentuhan kayu manis dan kapulaga yang dicampurkan ke dalam kopi ini.

Kopi gayo aceh

Kopi ini hanya tumbuh di dataran tinggi saja yang tentunya kopi ini tidak asing di buku menu apabila anda ke kedai kopi. Rasanya yang unik, enak, tidak terlalu pahit dan baunya yang harum membuat kopi ini sangat banyak peminatnya.

Kopi wamena papua

Pulau papua mempunyai jenis kopi degan rasa yang sedikit asam dengan aroma coklat dan sangat floral. Keistimewaannya kopi jenis ini masih ditanam dengan cara yang masih tradisional dan tanoa penggunaan pupuk kimia ataupun pestisida.

Kopi kintamani Bali

Perlu anda ketahui bahwa kopi kintamani ini menjadi salah satu incaran para pecinta kopi. Ia mempunyai ciri khas rasa yang pahit dan ada rasa jeruk di dalam kopi. Rasa itu dihasilkan karena tempat menanam kopi di kintamani yang bersebelahan dengan kebun jeruk sehingga ada rasa segar dari jeruk dalam kopi kintamani. Kopi jenis ini juga sudah di eksport ke negara di Eropa, Prancis dan jepang.

Kopi luwak

Mendengar kopi luwak sebalai salah satu macam – macam kopi nusantara tentunya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Kopi ini mempunyai cita rasa yang khas dan tingkat keasaman yang pas sehingga wajar apabila ia menjadi kopi termahal yang dimiliki oleh Indonesia. Kopi yang dihasilkan dari kotoran luwak ini menjadi incaran pada pecinta kopi. Proses pembuatan dari kopi ini yang membuatnya menjadi kopi yang mahal. Kopi luwak terbaik adalah biji kopi yang dimakan oleh luwak liar dan dikeluarkan dalam bentuk kotoran yang kemudian kotoran itu di olah menjadi kopi.

Kopi kothok

Anda ingin mencoba kopi dengan cita rasa tradisional maka anda wajib mencicipi kopi ini. Kopi kothok meruapakan kopi yang terbuat dari tumbuhan kopi yang diseduh dengan gula dan air di dalam teko sehingga rasanya menjadi lebih pekat.

Itulah macam – macam kopi nusantara yang dapat anda ketahui. Setelah mengetahui macam dari kopi nusantara tersebut tentunya anda penasaran bukan dengan rasanya? Selamat mencoba kopi buatan sendiri yang rasanya tidak kalah dnegan kopi dunia.

By admin